DPMD Menunggu Laporan Desa untuk Laksanakan Desa Siaga Covid-19

Selasa, 14 April 2020

Budi N Pamungkas

Nusaperdana.com, Inhil - Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Budi N Pamungkas menyebut Pihaknya kini tengah menunggu laporan dari desa terkait pelaksanaan Desa siaga covid-19, Tembilahan, Selasa (14/04/2020).

"Terkait Desa siaga covid-19, Sejauh ini kita masih menunggu laporan dari kepala desa terkait pelaksanaannya," sebutnya.

Lanjutnya, Budi Pamungkas menjelaskan bahwa pihaknya telah meminta kepada kepala desa untuk mendata, mencari tempat isolasi, dan melakukan penggeseran anggaran untuk penanggulangan covid-19.

"Sudak kita lakukan berdasarkan surat edaran, dan sudah diterapkan juga surat edaran bupati dan intruksi bupati berdasarkan petunjuk dari kementrian," jelasnya.

Tambahnya, Budi N Pamungkas menyebut bahwa Surat edaran bupati sudah ada sejak Jum'at (27/03/2020) kemarin Tentang relawan covid-19, disana juga ada langkah-langkah pelaksanaannya. 

"Selain itu kita juga sudah bagikan atau Share kan juga protokol relawan covid-19. Kita sudah minta laporan dari desa, namun belum ada disampaikan," sebutnya. 

Terakhir, Budi N Pamungkas berharap dengan adanya Desa siaga ini, Desa mampu mengatasi dampak dampak covid- 19 baik secara sosial maupun ekonomi di desa.

"Dan yang paling utama bisa memutus mata rantai penyebaran covid 19 melalui langkah pencegahan yg dilakukan relawan covid 19 di desa," harapnya. (safar)