Erupsi Gunung Sinabung, Dihimbau Masyarakat untuk Waspada Tidak Melakukan Aktifitas Radius 5 Kilometer

Senin, 04 Januari 2021

Nusaperdana.com - Gunung Sinabung kembali mengeluarkan letusan abu dan asap sekitar pukul 08.54 pagi tadi setinggi kolom abu teramati kurang lebih 700 meter di atas puncak atau kurang lebih 3.160 meter di atas permukaan laut,”terpantau  berwarna kelabu dan mengarah ke barat demikian keterangan dari situs resmi Kementerian ESDM, Senin (4/1/2021).

“Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 18 mm dan durasi 154 detik,” demikian keterangan tersebut.

Warga diminta tidak melakukan aktivitas pada radius sekitar 5 Km dari Gunung Sinabung. Warga juga diminta waspada terhadap hujan abu dan lahar dingin.

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengalami 2 kali erupsi pada Minggu (3/1). Masyarakat yang bermukim di daerah sungai diimbau waspada aliran lahar.

setelah dimintai konfirmasi dari pengamat gunung api sinabung mengatakan "Ya. Tadi ada, dan sudah 2 kali hari ini,” kata Kepala Pos  Armen, Pertama, erupsi Gunung Sinabung terjadi pada pukul 09.34 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.000 m di atas puncak. Erupsi kembali terjadi pada pukul 12.16 WIB, tapi tinggi kolom abu tidak teramati. (GS)