Gudep SMP Negeri 06 Tualang Melaksanakan Studi Banding Ke PT SIR

Ahad, 16 Februari 2020

Nusaperdana.com, Siak - Dalam upaya menjalankan visi dan misi sekolah, Gugus Depan SMP Negeri 06 Tualang melaksanakan Kunjungan Ke PT. SIR (Surya Intisari Raya) untuk aspek mutu, melalui upaya meningkatkan kualitas dalam literasi. Kamis (13/02/2020).

Dalam hal ini kita melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan terdekat yang berupa bagian dari kegiatan literasi di perusahaan PT SIR, bergerak di bidang sawit.

Kedatangan Siswa-Siswi Gudep SMPN 6 Tualang disambut oleh asisten kepala dan manajer pabrik, Pak Tomi purba dan beberapa asisten penelitian di sana. 
“ Kami sangat senang dan terkesan dengan Hadirnya Adik-adik Pramuka Gudep SMPN 6 Tualang ini, dan Semoga adik-adik dapat mempelajari tentang bagaimana mengolah sawit dari pembibitan sehingga menjadi sumber produksi.” Ujar Tomi purba.

Kepala Mabigus SMPN 06 Tualang Bapak Helmi Mengatakan “ Dalam Kegiatan kunjungan ini kami disambut dengan hangat dan kita diarahkan untuk melihat kondisi pengolahan sawit mulai dari sawit /brondol sawit yang baru masuk sampai menjadi minyak dan turunan-turunannya. Kegiatan ini berlangsung dari jam 9.00 - jam 12.30.”

“Selama kegiatan lebih kurang 3 jam ini para siswa sangat antusius dan sering melakukan tanya jawab kepada para pekerja sawit secara bergiliran dalam melihat proses pembuatan minyak sawit itu.” Ujar Helmi

Helmi juga Menambahkan, “Kegiatan ini merupakan program rutin kita dalam menggiatkan gerakan literasi sekolah. Disamping itu kegiatan ini juga terintegrasi dengan kegiatan kepramukaan yaitu program kerja bakti dan kunjungan industri yang merupakan salah satu program dalam memberikan pemahaman kepada anak-anak kita agar mereka mampu mengenal lebih jauh proses pengolahan sawit dan menambah wawasan mereka dalam mengenal bidang kerja dan struktur organisasi perusahaan.”

Selain itu kegiatan ini juga memberikan pencerahan tentang kehidupan dunia industri. Setelah berkeliling mengamati proses pengolahan sawit menjadi CPO, siswa kembali ke ruang rapat mendapatkan penjelasan oleh manajer pabrik secara detail tentang kegiatan pengolahan sawit. Setelah paparan oleh manajer pabrik  siswa cukup antusias menanyakan hal hal yang belum merekan pahami, sehinga kegiatan ini cukup menyita waktu dari rencana yang dijadwalkan. (Doni)