Kapolres Inhil Cek Kesiapan Tempat Isolasi Terpadu di PT RSUP dan PT PSG

Sabtu, 14 Agustus 2021

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Kapolres Indragiri Hilir (Inhil) turun langsung melakukan pengecekan kesiapan tempat isolasi terpadu (isoter) bagi pasien Covid-19 di dua tempat berbeda, Sabtu (14/8/2021). 

Dua tempat tersebut yakni di Mess PT. Riau Sakti United Plantations (RSUP) Kecamatan Pulau Burung dan Mess PT. Pulau Sambu Group (PSG) di Kecamatan Kateman Kabupaten Inhil. 

Pengecekan dilakukan untuk mengetahui kesiapan akomodasi dan ketersediaan fasilitas medis bagi pasien terkonfirmasi positif Covid di dua kecamatan itu. 

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan SH SIK MHum menyampaikan bahwa pihak PT menyatakan bersedia memberikan fasilitas akomodasi untuk menampung pasien isolasi terpusat yang terkonfirmasi positif Covid 19 dari warga masyarakat kecamatan setempat. 

"Setelah meninjau dan berkoordinasi dengan pihak PT, Alhamdulillah kedua PT ini berkenan membantu memberikan fasilitas akomodasi isolasi terpusat bagi masyarakat setempat yang terkonfirmasi positif Covid," ujarnya. 

Tujuan peninjauan tempat isoter adalah untuk melihat kesiapan ruangan, sarana medis, obat-obatan dan tenaga medis, sehingga petugas Satgas Covid Tingkat Kecamatan dapat segera mengambil langkah melakukan evakuasi masyarakat terkonfirmasi positif covid untuk dapat segera dilakukan isolasi dan diberikan pengobatan, sehingga dapat mengurangi resiko penularan sejak dini. 

Diketahui dari hasil peninjauan di lapangan bahwa Isoter pada Mess PT. RSUP Pulau Burung memiliki fasilitas 36 tempat tidur. 

"Di PT. RSUP Pulau Burung tersedia 36 tempat tidur dengan 3 orang dokter tenaga medis, dan juga tersedia tabung oksigen sebanyak 8 tabung besar," tutur Kapolres Inhil. 

Sementara di Mess PT. PSG Kateman memiliki fasilitas 186 tempat tidur. 

"Tenaga medis di isoter PT. PSG Kateman ada 2 orang dokter siaga, tabung oksigennya ada 8 tabung ukuran volume 6 meter kubik dan 11 tabung dengan volume 3 meter kubik," jelasnya. 

Selain itu ketersediaan obat-obatan yang digunakan dalam penanganan pasien covid juga menjadi fokus perhatian Kapolres Inhil. "Stok obat-obatan untuk pasien covid masih tersedia di Puskesmas setempat, diharapkan petugas Puskesmas dapat memberikan paket obat dan melakukan kontrol kondisi pasien isoter setiap harinya, sehingga pasien dapat segera sembuh" jelas AKBP Dian.