Pelindo Diminta Bantu Tingkatkan Perekonomian Inhil

Kamis, 12 Desember 2019

Nusaperdana.com, Tembilahan – Pelindo 1 Indonesia Gateway Cabang Pelabuhan Tembilahan menyelenggarakan Port Community Gathering Tahun 2019, Kamis (12/12/2019).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Asisten III Setdakab Indragiri Hilir (Inhil) RM Sudinoto dan dihadiri ratusan peserta dari instansi pemerintahan.

Acara dengan mengangkat tema Sinergitas Pemerintah Daerah dan Stakeholder Terkait Dalam Kepelabuhanan Dan Logistik ini di laksanakan setiap tahun bisa mencapai 4 (Empat) kali dalam satu tahun diberbagai cabang dan pada hari ini dilaksanakan di Cabang Tembilahan.

MR Sudinoto mengatakan, sebagian wilayah Inhil merupakan perairan, maka dalam hal ini banyak yang memanfaatkan pelabuhan, maka dari itu pelabuhan memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian kabupaten Inhil ini.

"Untuk itu, melalui kegiatan Port Community Gathering saya mengajak kepada semua pihak terkait terutama Pelindo 1 cabang Tembilahan untuk memanfaatkan dan memajukan pelabuhan secara maksimal guna mempercepat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Inhil baik secara regional maupun kawasan,"jelasnya.

PT. Pelindo 1 itu sendiri adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bisnis kepelabuhanan diantaranya pengelola pelabuhan, marine services, dan jasa logistik, yang mengelola 17 cabang dan 6 perusahaan di empat provinsi di Pulau Sumatra.

Pelabuhan Tembilahan adalah salah satunya Cabang Pelabuhan Pelindo 1 di Provinsi Riau yang berada di Muara singai Indragiri, berada di selatan cabang pelabuhan ini adalah kawasan pelabuhan Rengat dan Kuala Enak, daerah hinterland-nya memiliki potensi kelapa sawit dengan komoditas yang umumnya dikapalkan melalui pelabuhan ini antara lain adalah kopra, karet, minyak kelapa sawit. (Safar)