Pemkab Kampar Investasi Air Minum Kapasitas 1000 Liter Senilai Rp 1,8 Triliun

Rabu, 15 Januari 2020

Nusaperdana.com, Kampar - Pemkab Kampar menandatangani MoU Omnibus penyelenggaraan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) lintas Kabupaten/Kota dengan kapasitas 1000 Liter/detik dengan Target sambungan Rumah sebanyak 102.000 Rumah senilai Rp 1,8 Triliun yang melibatkan 2 Kabupaten/ Kota yakni Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Penandatanganan ini dilakukan antara Pemerintahan Kabupaten Kampar melalui PD. Air Minum Tirta Kampar dan PT. PP Tirta Riau dan PT. Sarana Pembangunan Riau (SPR) Provinsi Riau.

Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M. Si dan Sekda Riau Yan Prana Jaya Indra Rasyid mewakili Gubernur Riau Syamsuar menyaksikan penandatanganan MoU Kontrak Omnibus yang dilakukan oleh Direktur PDAM Kampar Rusdi dan PT. PP Tirta Riau, PT. PP Infrastruktur Serta PT. Sarana Pembangunan Riau (SPR) Provinsi Riau yang diadakan di Ruang Kenanga Kantor Gubernur Riau, Rabu (15/01/2020)

Gubernur Riau yang Diwakili oleh Sekda Provinsi Riau Yan Prana dalam sambutannya menyampaikan ini bagian dari pelayanan negara di tengah-tengah masyarakat, perjanjian ini sangat penting selain investasi sangat besar juga dalam memenuhi kebutuhan Air Minum masyarakat di dua Kabupaten/kota Yakni Kampar dan Pekanbaru.

Penandatanganan Omnibus SPAM ini tonggak penting bagi pemenuhan kebutuhan air minum dan air bersih, saya meminta kepada PT. SPR, PT. PP Tirta Riau, Pemkab Kampar dan Pemko Pekanbaru agar segera merealisasikan kontrak yang telah ditandatangani.

Sementara itu, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, SH, yang diwakili Sekda Kampar Drs. Yusri.M. Si menjawab pertanyaan menyatakan ini merupakan tahap pertama dari perjanjian ini dan akan dikembangkan berdasarkan kebutuhan.

"Ini merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat,” Kata Yusri yang didampingi Dirut PDAM Tirta Kampar Rusdi, Kepala Bappeda Kampar Afrizal, Kadis Kesehatan Dedi Sambudi, Kabag Kerja Sama Setda Kampar Sismenedi, Kabag Ekomomi Arman dan Mewakili dari PU PR Kampar.

"Terima kasih atas dilaksanakannya penandatanganan Kontrak omnibus ini dengan kapasitas 1000/detik, yang akan beroperasi pada tahun 2020 yang mana untuk tahap awal ini akan melayani 2 Kecamatan yakni kecamatan Siak Hulu dan kecamatan Tambang,” tambah Yusri.

"Kedepan kita berharap PDAM dapat memberikan pelayanan luas bagi masyarakat yang ada di kecamatan lain seperti Kecamatan Perhentian Raja dan kecamatan terdekat lainnya," pintanya lagi.

Sementara itu pihak Investor dari Denny Kadarwati General Manager PT PP Infrastruktur menyatakan bahwa Investasi ini sebesar Rp.1,8 Triliun dengan kapasitas 102.000 Sambungan Rumah dengan melayani 460.000 jiwa dengan jangkauan 5 kecamatan di dua Kabupaten/Kota yakni dan 2 Kecamatan di Kabupaten Kampar yakni kecamatan Tambang dan Kecamatan Siak Hulu dan 3 Kecamatan di Kota Pekanbaru yakni Kecamatan Tampan, Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Marpoyan.

"Kerjasama sama ini selama 30 tahun diantara pihak-pihak yang menandatangani,” Kata Denny Kadarwati.**(disk/dani)