Pemkab Rohil Salurkan 55.883 Paket Sembako

Kamis, 30 April 2020

Kadinsos Rohil dr H Junaidi Saleh menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak corona virus discase.

Nusaperdana.com, Rokan Hilir - Kepala Dinas Sosial Pemkab Rohil dr H Junaidi Saleh, mengatakan Pemkab Rohil menyalurkan sebanyak 55.883 paket sembako kepada seluruh masyarakat Rohil yang terimbas dari dampak corona virus discaese. 

"Total bantuan paket sembako dari Pemda Rohil sebanyak 55.883 paket. Tiap paket terdiri dari beras 10 kilo, minyak goreng 1 kilo, telur satu rak (30 butir), mie instan satu kotak, dan gula 1 kilo," kata Kadinsos Rohil dr H Junaidi Saleh, Kamis, 16 April 2020, di Pekaitan.

Penerima bantuan pangan dari Pemkab Rohil ini, kata Kadinsos adalah penerima non program keluarga harapan (PKH). Mereka yang sudah masuk dalam penerima PKH, tidak diperbolehkan menerima bantuan dampak corona virus ini.

Kadinsos Pemkab Rohil dr H Junaidi Saleh, bersama Wakil Bupati H Jamiludin, Anggota DPRD Rohil Krismanto, dan Camat Pekaitan H Taryono.

"Himbauan dan harapan kita bantuan ini tepat sasaran sesuai penerima. Kalau ada kesalahan nanti diperbaiki, dan sedapatnya kita diselesaikan dengan baik. Bantuan pangan ini insya Allah, selesai didistribusikan sebelum ramadan," tandas Kadinsos.

Agar bantuan sembako dari PemkaB Rohil sampai kepenerima, Junaidi Saleh meminta kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) dan atau Ketua Rukun Warga (RW) mengantarkan langsung bantuan sembako kepada masyarakat terdampak corona virus discase (Covid-19).

Mengantar langsung bantuan sembako ke penerima, jelas Kadinsos, guna menghindari pengelompokan massa ditengah pendemi corona discase saat ini. Pendropan bantuan sembako tersebut di kecamatan, kata Kadinsos, dipusatkan di satu tempat, yakni di Kantor Camat setempat.

"Dari kantor camat, bantuan sembako di drop langsung ke kantor kelurahan dan kepenghuluan yang berada di pinggir jalan. Bagi kepenghuluan yang tidak bisa dilalui dengan kendaraan akan dijemput oleh masing-masing penghulu," kata Kadis Sosial Pemkab Rohil dr H Junaidi Saleh, di Kantor Camat Pekaitan, Kamis, 16 April 2020.

Wabup H Jamiludin, bersama Kadinsos Rohil dr H Junaidi Saleh di acara penyerahan bantuan sembako di Kecamatan Pekaitan

Sesampai bantuan pangan ke desa dan kelurahan, terang Junaidi Saleh, selanjutnya di drop ke setiap RT atau RW masing-masing. Agar tidak menimbulkan pengumpulan massa, terangnya, diharapkan RT dan atau RW mengantar ke rumah masing-masing warganya.

"Sebaiknya begitu. Diantar langsung ke rumah warganya. Kan RT dan RW yang paling tau masyarakatnya. Kalau nanti dijemput, sementra kita sedang mencegah penyebaran corona virus. Harus dihindari terjadinya pengumpulan warga," tutur Junaidi Saleh.

Mendrop bantuan sembako ke seluruh kepenghuluan dan desa se Rohil, tutur Kadinsos, merupakan pekerjaan yang berat, disebabkan di Rohil ini terdapat 198 kelurahan dan kepenghulua/desa. 

"Selain distribusi, yang jadi persoalan juga ketersediaan bahan pangan yang akan diberikan kepada masyarakat penerima," tuturnya. (Hen)