Ponpes Imadul Billad Pematang Reba Peringati HSN dan Maulid Nabi Muhammad SAW

Rabu, 20 Oktober 2021

Nusaperdana.com, Indragiri Hulu - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan upacara Hari Santri Nasional (HSN) di Ponpes Imadul Bilad, Pematang Reba digelar lebih awal. Mengingat HSN untuk tingkat Provinsi Riau tahun 2021 akan diselenggarakan di Pelalawan pada tanggal 21-22 Oktober 2021, dan HSN tingkat Kabuapten Inhu akan di gelar pada tanggal 26 Oktber 2021 di Ponpes Nur Alif Kecamatan Lirik.

Ponpes Imadul Bilad mengadakan upacara HSN 2021 lebih awal yakni dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Oktober 2021 dilanjutkan dengan acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

 Dalam rangkaian acara tersebut KH. Cucu Sulaeman S.Ag M.Sc M. Pdi, sebagai pimpinan Ponpes Imadul Bilad, membacakan pidato Menteri Agama menyambut Hari Santri Nasional 2021. 

Seluruh santri dengan semangat melantunkan Mars Hari Santri dan Yalal Waton. Acara Peringatan Hari Santri Ponpes Imadul Bilad diakhiri dengan penanaman pohon ketapang di depan Gedung SMKS Permata Bangsa.
 
Selanjutnya seluruh santri dan Ustadz/ustadzah mengikuti ceramah agama yang disampaikan Ustadz Ahmad Nurman S. Hi di Aula Ponpes, tak terlewatkan pembacaan shalawat Nabi, penampilan rebana dan penampilan Syarhil Qur'an, oleh santri-santri Ponpes Imadul Bilad.

KH.Cucu Sulaeman menyampaikan,  Peringatan Hari Santri Nasional sengaja dibersamakan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW agar para siswanya yang juga menyandang status santri Pondok Pesantren Imadul Bilad dapat meneladani akhlak Rasulullah SAW dan para ulama serta mampu meneruskan perjuangan para ulama sebagai pewaris para Nabi dalam menyebarkan ajaran Islam yang Rahmatan Lil Allamin.

"Jangan bangga karena santri diakui secara Nasional di Indonesia. Tugas kita sebagai santri adalah meneruskan perjuangan para ulama santri terdahulu yang telah berjuang merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Dan yang lebih penting adalah meneladani akhlak Rasulullah SAW," sebutnya. (K*)