Rutinitas Tahunan UAS Bersama Rombongan Menyapa Masyarakat Pedalaman

Rabu, 22 September 2021

UAS dan Rombongan Foto Bersama dengan Masyarakat Dusun Bagan Benio

Nusaperdana.com, Talang Muandau - Ustadz Abdul Somad atau yang dikenal dengan sapaan UAS melakukan agenda Tahunan menyapa masyarakat daerah pedalaman dengan berdakwah selama dua hari, Senin dan Selasa 20-21 September 2021.

Pada giat rutin tahun ini UAS, bersama rombongan dari Pengurus Yayasan Tabung Wakaf Umat, Dompet Dhuafa Riau, Baznas Bengkalis, Lazis Dewan Dakwah, Lazis PHR, Sunathrone Indonesia, Masjid Ushuluddin Duri, Masjid Raya Duri, dan YBM PLN, bertempat di Dusun Bagan Benio Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis.

Adapun perjalanan dakwah UAS bersama rombongan mempunyai 12 agenda yang dilakukan kepada masyarakat di daerah terpencil darat Kabupaten Bengkalis ini. 

Dede Agus Salim perwakilan Dhompet Duafa Kabupaten Inhu salah satu rombongan perjalanan  rutin tahunan UAS mengatakan adapun 12 agenda tersebut adalah :

1. Peletakan batu pertama pembangunan Madrasah Dusun Bagan Benio dan serahkan secara simbolis wakaf pembangunan madrasah Rp 50 juta.

2. Khitan Ceria Peduli Umat 50 anak di MTs Miftahul Huda Tasik Serai dan peserta khitan diberi bingkisan.

3. Penyaluran 105 karung beras SPBU dan sembako untuk masyarakat Bagan Benio dan 20 karung beras untuk masyarakat Duri.

4. Menyalurkan 157  eksemplar mushaf Al-Qur'an untuk masyarakat Tasik Serai.

5. Menyalurkan Buku bacaan anak untuk Masjid Raya Bagan Benio/SD Bagan Benio 20 judul buku.

6. Menyalurkan Baju bersih layak pakai untuk masyarakat Bagan Benio, sekitar 20 kg.

7. Mensupport gaji guru yang mengajar di lokal jauh MTs Miftahul Huda yang masih menumpang di kelas-kelas SD Bagan Benio, mulai bulan Oktober 2021.

8. Melakukan peresmian kantor Yayasan Tabung Wakaf Umat perwakilan Kota Duri di Jl. KH. Ahmad Dahlan (Jl. Muhammadiyah).

9. Berbagi Beras SPBU di Jl. Sebanga Duri.

10. Peletakan batu pertama pembangunan panti asuhan Yayasan GJBB di Km 6, Rangau Duri.

11. Endorse pembangunan Masjid Mardhatillah Yayasan Yatama Balai Raja Duri.

12. Kajian online jama'ah Masjid Ushuluddin dan Masjid Raya Duri dari Rumah Qur'an Yatama Balai Raja Duri.

"Itulah 12 rangkaian dakwah pedalaman yang dilakukan oleh UAS bersama rombongan selama dua hari di daerah pedalaman  wilayah Kabupaten Bengkalis," ujar Dede 

Dede menjelaskan dakwah pedalaman adalah rutinitas tahunan UAS untuk menyapa masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, agar tahu keadaan riil sebagian masyarakat. Kunjungan dakwah itu melahirkan kesyukuran kepada Allah dan sayang kepada seluruh hamba Allah.

Selama ini UAS telah mengunjungi masyarakat Suku Talang Mamak di Kabupaten Indragiri Hulu, masyarakat Suku Akit di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kepulauan Meranti, masyarakat Kampar Hulu.

"Sekarang beliau bersilaturahmi dengan masyarakat Melayu di Bagan Benio Kabupaten Bengkalis. Masih banyak daerah terpencil lainnya di Riau rutin disambangi UAS," jelasnya

Dalam perjalanan-perjalanan dakwah ke pedalaman, UAS biasanya meninggalkan bekas jejak perjalanan dengan membangun masjid, mushalla, dan madrasah. Di Bagan Benio, UAS meletakkan batu pertama pembangunan madrasah pedalaman untuk setingkat tsanawiyah.

"Yang mana tanah tempat pembangunan madrasah ini dihibahkan oleh Ibu Wirda Hanum seluas .210 M2 di jalan Jani Dusun Bagan Benio, Kecamatan Talang Muandau,"papar Dede. 

Jadi dengan program rutinitas Tahunan UAS menyapa masyarakat pedalaman bagi yang ingin mensupport pembangunan madrasah di Dusun Bagan Benio, transfer rekening ke Bank Muamalat 22 10 666666 Atas nama Yayasan Tabung Wakaf Umat.

Dan mohon sertakan kode unik 20 diakhir nominal transfer, Contoh Rp15.020, dan untuk konfirmasi bisa hubungi nomor 0852 6541 6060. terang Dede. (Putra