Sempolet Makan Berbahan Dasar Sagu Kuliner Khas di Pesisir Indragiri Hilir

Ahad, 17 April 2022

Sempolet Makan Berbahan Dasar Sagu Kuliner Khas di Pesisir Indragiri Hilir

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Bagi kami para pemburu wisata kuliner, mungkin harus mencoba Sempolet, salah satu kuliner khas Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Sempolet berbahan baku dari sagu dan sayur-sayuran ini bisanya diberi toping seafood seperti kerang, udang. Makin kekinian Sempolet juga bisanya diberi toping sosis ataupun Baksos ayam maupun bakso daging.

Kuliner yang satu ini paling enak dinikmati saat masih panas, dimakan dengan cara diseruput menambah sensasi saat menikmati makanan ciri khas pesisir di Kabupaten Inhil ini.

Winda, seorang ibu rumah tangga di Kota Tembilahan menjelaskan proses pembuatan Sempolet sangat mudah dibuat di rumah, apagai bahan bakunya gampang di temui di pasar.

Bahan yang perlu dipersiapkan antaranya, sayuran, bisa kangkung, sayur paku, tepung sagu, bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, garam, penyedap rasa dan air.

Topingnya kamu bisa memasukan seperti udang ataupun kerang.

"Bumbu-bumbu tadi dihaluskan, kemudian ditumis, baru ditambahkan air hingga mendidih, tidak lupa memasukan garam dan penyedap rasa," jelas Winda.

Setelah itu bisa memasukan toping seperti udang ataupun kerang dan sayur-sayuran. Setelahnya baru mencampurkan larutan tepung sagu hingga mengental. Dan akhirnya sempolet bisa kamu nikmati dirumah.(Advertorial/Disparporabud)