Begini Cara Merawat Casing HP Agar Tidak Kuning

Sumber: pixabay.com

Nusaperdana.com - Cara merawat casing HP agar tidak kuning bisa dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah. Kusam dan noda yang menempel menjadikan smartphone terlihat kotor dan tidak menarik. Dengan beberapa langkah sederhana, casing kesayangan akan kembali cemerlang.

Smartphone yang cukup mahal perlu mendapat perlindungan maksimal. Salah satunya dengan memasang pelindung sesuai dengan tipe HP yang digunakan. Selain itu, casing juga dapat menjadikan tampilan gawai unik dan lebih menarik.

 

Penyebab Casing Transparan Ponsel Rentan Menguning

Sebagai lapisan paling luar yang sering bersentuhan langsung dengan kulit tangan atau barang-barang di sekitar, menyebabkan casing HP cepat menguning. Bukan itu saja, debu dan kotoran lain juga bisa menempel sehingga terlihat kusam.

Casing sendiri harus terawat agar dapat melindungi dengan baik dan tetap terlihat keren. Tetapi, masalah yang sering muncul adalah warna berubah dari bening menjadi kekuningan sehingga dilihat kurang menarik. 

Seiring berkembangnya smartphone, membuat banyak produsen memasarkan HP dengan desain yang unik dan menarik. Sayang jika harus tertutup pelindung, kesan elegannya dapat berkurang. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan casing jenis transparan sehingga detail smartphone tetap terlihat.

Namun, beberapa orang menyatakan bahwa bahan casing transparan cepat menguning. Tentu hal ini dapat mengurangi keindahannya. Bahkan terkesan kurang terawat. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Bahan untuk membuatnya adalah silikon. Jenis ini memang mudah menyerap kotoran sehingga warna asli berubah. 

2. Sinar radiasi ultraviolet. Sinar matahari merupakan penyebab case hp menguning. Meski tidak mengurangi kemampuannya dalam memberi perlindungan, namun hal ini dinilai kurang estetik.

3. Keringat. Lembab karena keringat pada tangan dapat menjadikan casing berubah warna

4. Minyak. Tanpa sengaja, setelah menyentuh bagian wajah yang berminyak Anda memegang HP. Minyak tersebut dapat menjadikan bahan silikon menjadi kotor.

5. Terkena kotoran. Saat menggunakan HP, Anda meletakkannya di meja atau permukaan lain. Case akan berubah warna karena kotoran tersebut. Sebenarnya hal tersebut menunjukkan bahwa aksesoris bekerja dengan maksimal, sayangnya hal ini menjadi penyebab keindahan HP berkurang.

Cara membersihkan casing HP transparan

Jika casing HP sudah terlihat kotor, cara termudah untuk dilakukan yaitu dengan mengganti casing baru. Tetapi, ketika Anda sudah merasa cocok dengan casing tersebut, tentu disayangkan jika harus menggantinya. Apalagi jika tipe HP Anda susah untuk mendapatkan casing keluaran terbaru.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu risau. Bahan yang ada di rumah bisa digunakan untuk mengembalikan casing agar terlihat lebih bersih kembali. Tips merawat case hp berikut juga sangat mudah sehingga Anda dapat melakukannya sendiri.

Masalah perubahan warna disebabkan oleh kotoran, maka sudah seharusnya untuk dibersihkan. Bahan silikon bukan tipe yang menyerap kotoran secara kuat. Cara merawat casing HP agar tidak kuning hanya perlu beberapa langkah untuk hasil lebih bersih kembali. Berikut caranya:

1. Dengan menggunakan cairan pencuci piring

Seperti penjelasan sebelumnya, penyebab warna kuning karena kotoran yang menumpuk. Bahan casing hampir sama dengan peralatan rumah tangga dari plastik. Cairan pencuci piring menjadi salah satu cara ampuh untuk membersihkan.

Hal yang perlu dilakukan adalah mencucinya seperti perabot rumah tangga. Gunakan spon lembut atau kain halus sehingga tidak menimbulkan goresan yang justru menambah kotor. Lakukan perlahan dan pastikan warna kuning sedikit memudar.

2. Minyak kayu putih

Tidak banyak diketahui orang, bahwa minyak kayu putih memiliki daya membersihkan cukup tinggi. Anda hanya perlu membasahi selembar kapas dan mengoleskannya perlahan. Memang tidak langsung bersih, tetapi sedikit demi sedikit kotoran akan terangkat.

Bahan ini juga aman dan tidak merusak permukaan silikon. Lakukan secara teratur sehingga casing Anda tetap terlihat bersih dan dapat melindungi dengan sempurna. Sangat praktis, bukan? Selain itu Anda hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

3. Menggunakan baking soda

Baking soda merupakan bahan yang ditambahkan sebagai pengembang dalam adonan kue. Selain itu, butiran kristal berwarna putih ini mempunyai daya bersih yang kuat.

Anda hanya membutuhkan satu sendok makan baking soda campur beberapa tetes air sampai larut. Setelah itu oleskan pada permukaan casing dan gosok dengan sikat gigi bekas. Terakhir, lap dengan kain lembut, maka casing akan bersih kembali.

4. Pasta gigi

Jangan salah, pasta gigi juga mempunyai daya angkat terhadap kotoran yang kuat. Cukup oleskan pada sikat kemudian gosok. Berikutnya,  bersihkan dengan air dan lap menggunakan kain berbahan lembut.

5. Disinfektan

Bahan satu ini bukan hanya mampu membunuh kuman, namun juga mengangkat kotoran. Caranya dengan membasahi kain menggunakan cairan tersebut kemudian gosokkan pada permukaan casing sampai bersih kembali.

6. Kain fiber

Jika kotoran tidak terlalu banyak, dapat menggunakan kain fiber. Caranya cukup lap beberapa sampai semua kotoran terangkat. Casing kesayangan akan kembali bersih dan warna kuning memudar.

Bagaimana jika Anda menggunakan casing berwarna? cara membersihkan casing hp karet berwarna ternyata hampir sama. Bahan dan cara di atas dapat Anda terapkan. Dengan menggunakan casing, HP kesayangan seperti Redmi Note 11s tetap bersih dan awet.

Mengetahui harga Redmi Note 11s yang lumayan mahal, tentu sayang jika casing yang dipakai kotor dan cepat rusak. Penggunaan case yang tepat dapat menjaganya tetap bersih, terlindungi dan awet. Blibli menyediakan HP berkualitas tersebut dengan harga pantas.

Anda dapat mengunjungi website Blibli, toko online terpercaya untuk mendapatkan informasi mengenai harga dan memesannya. Pengalaman yang sudah bertahun-tahun merupakan bukti kepercayaan pelanggan.

Cara merawat casing HP agar tidak kuning yang mudah dan praktis dapat Anda lakukan agar kembali bersih. Anda bisa menggunakan salah satu dari bahan yang tersedia di rumah. Lakukan secara berkala agar casing kesayangan awet.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar