Ini Beberapa Olahraga yang Cocok bagi Usia 40 Tahun Keatas


Nusaperdana.com - Alasan melakukan olahraga secara rutin pada beberapa orang yang memasuki usia senja yaitu berat badan yang mulai bertambah.

Tidak ada yang salah dengan hal itu. Rajin berolahraga saat usia sudah di atas 40 tahun justru dapat menyehatkan tubuh.

Hanya saja, jenis dan intensitas olahraga bagi Anda yang sudah lanjut usia tidak sama seperti ketika Anda masih usia muda. Anda perlu memilih olahraga yang aman guna menghindari cedera yang mungkin terjadi.

Seperti dikutip dari Prevention, berikut ini adalah beberapa olahraga untuk Anda yang telah lanjut usia:

Zumba

Zumba menggabungkan dansa dan koreografi. Latihan ini membuat lemak di paha, lengan, dan perut berkurang. Penumpukan lemak pada beberapa bagian tersebut umumnya terjadi seiring bertambahnya usia.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan latihan mengangkat beban untuk membantu mengurangi nyeri yang berhubungan dengan artritis. Artritis berarti terdapat proses peradangan pada sendi.

Yoga

Yoga dapat mempertahankan kekuatan otot. Selain itu, yoga juga membantu menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres.

Pada wanita yang berusia di atas 45 tahun, stres cenderung mengalami peningkatan sehingga memengaruhi tekanan darah dan ketahanan menghadapi depresi.

Barre

Barre adalah sebuah latihan yang berfokus pada kekuatan isometrik. Isometrik dapat didefinisikan sebagai kontraksi otot dimana otot-otot tidak memanjang atau memendek, seperti tidak ada gerakan yang nyata, tetapi di dalam otot ada ketegangan.

Semua tenaga yang dikeluarkan oleh otot akan diubah menjadi panas. Latihan ini dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas—dua hal yang dapat menangkal cedera dan rasa nyeri.

Spin

Latihan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak ingin terjadi ketegangan di otot dan sendi.

Gaya latihan ini tidak hanya membantu kesehatan jantung, tapi juga membantu membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat.

Wanita yang berusia lebih dari 40 tahun yang ingin menurunkan berat badan dapat mencoba latihan ini.

Pilates

Jika mengalami nyeri di seluruh badan, Anda dapat mencoba mengikuti kelas pilates. Pilates dapat membantu memperkuat otot yang lemah dan mencegah cedera.

Pilates sangat baik untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan pinggul, serta mengurangi nyeri punggung bagian bawah.

Jadi, itulah beberapa olahraga untuk usia di atas 40 tahun. Namun sebelum memutuskan untuk melakukannya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hal ini penting guna menghindari efek samping di masa mendatang. Selain itu, bila menderita suatu penyakit, dokter bisa merekomendasikan jenis olahraga yang aman untuk kondisi Anda.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar