Sejarah Dibalik Indahnya Wisata Pemandian Sungai Nibul


NUSAPERDANA.COM - Bila ingin menenangkan diri sambil menyegarkan tubuh, Sungai Nibul adalah jawabannya. Keindahan dan kesegaran dari jernihnya air di Sungai ini memberikan pengunjung yang datang sebuah sensasi rileks dan ketenangan, ditambah dengan pemandangan hijau pepohonan yang berada di pinggir sungai. 

Berada di Dusun Sidomulyo, Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir. Sungai ini memiliki keunikan tersendiri. Bongkahan batu besar berada di sungai dengan posisi yang tak beraturan. 

Konon, keberadaan batu-batu ini ada sejarahnya. Pada zaman dahulu di Bukit Bungo tepatnya di Gelanggang Mudo dan Gelanggang Tuo, terjadi perseteruan antara 2 kelompok. Perseteruan ini membuat 2 kelompok saling melempar batu dan membuat batu-batu itu berjatuhan di Sungai Nibul. 

“Perseteruan dari 2 kelompok dengan saling melempar batu itulah yang membuat banyaknya batu-batu di Sungai Nibul ini” ujar Andes, Pemuda Desa Batu Ampar. 

Saat ini, Sungai Nibul dimanfaatkan menjadi lokasi wisata dengan nama Pemandian Batu Nibul. Banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke sungai ini. Aksesnya cukup mudah dan tidak terlalu jauh dari pusat Desa Batu Ampar, hanya memakan waktu kurang lebih 20 menit menggunakan sepeda motor.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar