5 Keutamaan Umroh Beserta Surat dan Haditsnya

Sumber Foto: Detik.com

Nusaperdana.com, Jakarta - Arab Saudi masih membatasi masyarakat di dunia untuk umroh menyusul adanya virus corona. Bicara tentang umroh, ada beberapa keutamaan ibadah di kota Makkah itu.

Umroh adalah haji kecil. Dilakukan dengan cara berihram, tawaf, sai, dan bercukur, tanpa wukuf di Padang Arafah. Pelaksanaan umroh dapat bersamaan dengan waktu haji atau di luar waktu haji.

Di dalam Al Quran disebutkan tentang ibadah umroh dalam Surat Al-Baqarah Ayat 196 :

"Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah. Jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) korban yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum korban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur),maka wajiblah atasnya berfidyah, yaitu berpuasa atau bersedekah atau berkorban. Apabila kamu telah (merasa) aman, maka bagi siapa yang ingin mengerjakan 'umrah sebelum haji (di dalam bulan haji), (wajiblah ia menyembelih) korban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan (binatang korban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali. Itulah sepuluh (hari) yang sempurna. Demikian itu (kewajiban membayar fidyah) bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada (di sekitar) Masjidil Haram (orang-orang yang bukan penduduk kota Mekah). Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya.

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

"Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umroh (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Dan tidak ada (balasan) bagi (pelaku) haji yang mabrur melainkan surga." (HR Imam at-Tirmidzi).

Di atas juga sudah disebutkan keutamaan umroh. Salah satunya menghapus dosa-dosa. Dalam HR Bukhori juga disebutkan hal yang sama.

"Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain surga." (HR. Bukhari).

Keutamaan umroh lainnya yakni dijauhkan dari kemiskinan. Hal ini sesuai dengan HR Tarmidzi.

"Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga." (HR. Tirmidzi).

Ketiga, dari Abu huraira, Rasulullah bersabda "Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah. Maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya". (HR Ibnu Majah).

Keempat, keutamaan umroh memperoleh pahala sholat hingga 1.000-100.000 ribu kali lipat. Pahala solat di Masjid Nabawi bisa bernilai 1.000 kali lipat. Sedangkan di Masjidil Haram 100.000 kali lipat.

"Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1.000 sholat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 sholat di masjid lainnya." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Kelima, keutamaan umroh yakni jika sholat di Masjid Quba, pahala umroh dilipatgandakan. Apalagi jika kita sholat 2 rakaat, maka akan mendapat pahala setara dengan pahala umroh.

"Barang siapa telah bersuci (berwudlu) di rumaahnya. kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu sholat di dalamnya dua rakaat, baginya sama dengan pahala umroh." (Ibnu Majah).



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar