Ini Resep Swedish Meatballs IKEA yang Ikonik dan Autentik

Sumber Foto: Detik.com

Nusaperdana.com, Jakarta - IKEA terkenal dengan hidangan Swedish meatballs yang ikonik. Baru-baru ini IKEA bagikan secara resmi resep Swedish meatballs untuk para penggemarnya agar bisa dicontek.

Salah satu perusahaan furnitur terbesar di dunia dari Swedia IKEA memutuskan untuk menutup sebagian besar gerainya di seluruh dunia karena pandemi virus Corona. Tentu saja ini membuat pelanggan harus belanja online. Tetapi mereka juga tak bisa menikmati Swedish meatballs yang ikonik IKEA.

Untuk menghibur para penggemarnya, perusahaan asal Swedia ini baru saja merilis resep Swedish Meatballs milik mereka yang terkenal lengkap dengan resep sausnya. Hidangan bola-bola daging ini ternyata cukup mudah di buat.

Dilansir dari Independent (21/04), IKEA membagikan resep ini lewat brosur digital yang mirip seperti instruksi pemasangan furnitur. Mau bikin? Coba ikuti langkah-langkah mudah ini.

IKEA Swedish Meatballs

Bahan:

Bola Daging:

500 g daging sapi giling
250g daging babi atau daging ayam giling
1 butir bawang bombay, cincang halus
1 siung bawang putih, memarkan, cincang
100 g tepung roti
1 butir telur
5 sdm susu fullcream
Lada dan garam secukupnya

Saus:

4 sdm minyak goreng
40 g butter/mentega
40 g tepung terigu
150 ml kaldu sayuran
150 ml kaldu sapi
150 ml krim kental
2 sdt saus tomat
1 sdt Dijon mustard

Cara Membuat:

Bola Daging:

  • Campur daging sapi dan daging babi/ayam giling jadi satu. Aduk-aduk menggunakan tangan hingga tercampur rata. Kemudian masukka bawang bombay, bawang putih, tepung roti, telur dan aduk hingga rata. Tuangkan susu dan bumbui secukupnya dengan lada dan garam.
  • Bentuk adonan daging menjadi bola-bola kecil. Kemudian letakkan bola daging di piring bersih, dan masukkan ke dalam kulkas selama dua jam. Hal ini agar adonan menjadi lebih rekat dan tak gampang hancur ketika dimasak.
  • Siapkan wajan dan tuangkan sedikit minyak dengan api sedang. Ketika sudah panas, masak bola-bola daging hingga permukaannya berubah menjadi kecokelatan.
  • Angkat bola-bola daging, taruh dalam wadah tahan panas. Panggang bola daging di oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 30 menit. Angkat segera.

Saus:

  • Lelehkan butter di wajan. Kemudian taburkan tepung terigu dalam wajan sambil aduk selama dua menit. Tuangi kaldu sayuran dan kaldu sapi sambil aduk-aduk hingga merata dan kental. Setelah itu baru masukkan krim, saus tomat dan Dijon mustard. Didihkan dan biarkan saus mengental. Angkat.
  • Tuangkan saus ke atas bola-bola daging. Bisa juga disajikan dengan kentang tumbuk atau kentang rebus dan selai raspberry. Selamat menikmati!

Untuk 4 orang.

"Berdiam diri di rumah bisa menjadi hal yang sulit, tapi kami ingin membantu agar orang-orang tetap semangat ketika berada di rumah dengan resep ini. Bon appetit atau smakling maltid dalam bahasa Swedia!" pungkas IKEA.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar