Khitan Bersama di MIS Luhur Islam Memasuki Tahun Ke-7


Nusaperdana.com, Indragiri Hulu - Dalam rangka liburan semester, Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Luhur Islam Tanah Datar, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Idragiri Hulu (Inhu) Riau, kembali menggelar khitan bersama, Rabu 20 Desember 2023.

Kegiatan khitanan bersama tersebut merupakan agenda tahunan MIS Luhur Islam Tanah Datar yang di laksanakan setiap akhir semester dan pada tahun 2023 ini merupakan yang ke tujuh kalinya digelar. 

Hal ini seperti yang disampaikan Kepala MIS Luhur Islam Nurhidayah S.Pd.I saat memberikan sambutannya, pada kegiatan tersebut yang dilaksanakan di MI setempat. 

Nurhidayah mengatakan, bahwa agenda tahunan ini termaktub dalam program kerja madrasah, adapun yang bertujuan memberikan pelayanan yang cukup bermanfaat bagi orang tua dan lingkungan madrasah, serta dapat meringankan beban orang tua wali siswa, tuturnya. 

"Kegiatan khitan bersama ini terlaksana berkat kerja sama Yayasan Darul Islam Riau yang di Ketuai oleh Jamal Siswanto S.Ag, Komite, Saku Peduli, BMT,  Pengusaha dan Klinik Albucasis Pematang Reba di bawah asuhan Dr. Ibrahim, dan tahun ini diikuti oleh 13 anak, Alhamdulillah ada 13 peserta," sebut Nurhidayah. 

Kalau tahun lalu tepatnya 2022, pesertanya berkisar 31 anak, tetapi tahun ini mengalami penurunan. Dan Bhakti Sosial Khitan Bersama tahun ini dengan tema " Wujudkan Generasi yang Sholih dan Sehat", tambahnya.

Ucapan terimakasih dari pihak yayasan dan madrasah juga disampaikan oleh Nurhidayah terutama untuk dr.Ibrahim dari Klinik Pratama Albucasis serta semua pihak yang ikut mendukung sehingga acara tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Dalam kegiatan khitan bersama ini juga di hadiri oleh pemerintahan Desa Tanah Datar, seperti Kepala Desa Purwono S.Pi, Kepala Yayasan Darul Islam, Jamal S.Ag, Sekdes Andri, Bhabinkamtibmas, Komite, Ketua BPD, wali siswa, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Sementara itu terpisah, dijelaskan Jamal Siswanto selaku Kepala Yayasan Darul Islam, bahwa khitan bersama ini adalah nama lain dari istilah sunat massal," Kalau di MI Luhur Islam namanya kitan bersama, dan tiada lain tujuannya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan untuk mewujudkan generasi yang sholeh dan sehat," terangnya. 

"Dan kami atas nama yayasan dan segenap keluarga besar MIS Luhur Islam mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama sehingga dapat terlaksananya kegiatan ini tanpa ada hambatan," ujarnya. 

"Ucapan terimakasih kami terutama kepada Klinik Pratama Albucasis pimpinan dr. Ibrahim, BMT Amanah Riau, Baitul Maal Indragiri Rengat, Saku Peduli Belilas, FB Mart Blilas, Indragiri Mart Rengat, Yayasan Darul Islam Riau, Mis Luhur Islam, Pemdes Tanah Datar dan UPZ Tanah Datar," tambahnya.

Berkenaan dengan kegiatan khitan bersama oleh yayasan/madrasah yang merupakan program unggulan, Kades Tanah Datar Purwono S.Pi mewakili baik dari Pemdes Tanah Datar maupun dari warga masyarakat secara umum dan wali murid secara khusus tentu memberikan apresiasi serta mengucapkan terimakasih dan semoga dapat selalu ditingkatkan pelaksanaanya dimasa mendatang.

" Saya selaku Kades dan mewakili orang tua wali siswa sangat apresiasi dengan kegiatan khitan bersama yang ditaja oleh MI ini, karena sangat membantu sekali bagi masyarakat yang kurang mampu,'' ujar Kades.

Selain itu, momen ini juga tepat di saat anak berlibur panjang, sehingga tidak mengganggu waktu belajar. "Harapan kedepannya semoga kegiatan ini tetap dapat dilaksanakan kembali, dengan peserta yang lebih banyak," harap Kades.

(Karto)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar