Pembangunan Ponpes Sirojut Tholibin Mendapat Dukungan Penuh Dari Pemdes dan Masyarakat


Nusaperdana.com, Seberida - Pemerintah Desa Petalabumi, Kecamatan Seberida Kabupaten Indrgairi Hulu dikunjungi oleh Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Riau  yang didampingi oleh tim dari Dinas PMD Kabupaten Indragiri Hulu pada Senin (28/6).

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang pertemuan Desa Petalabumi Kecamatan Seberida dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terpilihnya Desa Petalabumi pada lomba ini dikarenakan desa ini merupakan salah satu desa yang mempunyai nilai tertinggi diantara desa - desa lainnya di Kabupaten Inhu.

Hadir pada acara Camat Seberida Roma Doris SS M.PS M.Eng, Kabid dan Kasi PMD dari Kabupaten Inhu, Kepala Desa beserta perangkat desa Petalabumi, serta tim Penggerak PKK.

Camat Seberida Roma Doris mengucapkan selamat datang kepada tim penilai di desa Petalabumi ini. Pada sambutannya menyampaikan, semangat untuk memajukan desa yang tertumpu pada prakarsa dan kreativitas yang dimiliki, tentu akan meningkatkan peran serta masyarakat. "Demikian halnya dengan adanya lomba desa ini, diharapkan banyak diperoleh bahan pembelajaran terutama menyangkut pengembangan strategi pembangunan desa", kata Camat Roma Doris.

Dikatakan oleh Camat bahwa perlombaan desa ini sudah seharusnya menjadi instrumen sosiologis untuk mempertahankan partisipasi masyarakat dalam bentuk kegotongroyongan. Gotong royong adalah modal sosial di desa untuk bisa merajut kesejahteraan dan menjadi kekuatan yang mandiri. "Perlombaan desa harus mampu mendongkrak semangat dan aksi gotong royong dalam bingkai keswadayaan dan pertisipasi masyarakat", tambah Roma.

"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Desa Petalabumi yang sudah terpilih wewakili Kabupaten Inhu untuk maju dalam lomba desa tingkat Provinsi Riau, kami yakin Desa Petalabumi akan mampu menjadi yang terbaik di Provinsi Riau dan siap menjadi wakil Riau maju dalam tingkat nasional", tutup Camat.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi perlombaan desa Aswandi SP. M.Si selaku Kepala Bidang Pemerintahan Desa Provinsi Riau mengatakan, Perlombaan desa merupakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan aparatur desa bersama masyarakat dalam membangun wilayahnya.

Aspek penting dalam pembangunan desa mencakup aspek sosial, budaya, ekonomi. Sementara pembangunan desa yang dilaksanakan dari dan oleh untuk masyarakat dengan fasilitasi dari pemerintah sehingga kewajiban dilaksanakan bersama antara masyarakat dan pemerintah secara seimbang.

"Perlombaan desa hendaknya jangan dipandang sebagai ajang mendapatkan kejuaraan saja, namun merupakan kesempatan untuk mendapatkan pembinaan. Justru inilah yang menjadi paling penting dan utama sehingga akan bermanfaat dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat desa masing-masing," ujar Aswandi.

Selanjutnya acara paparan Pj Kepala Desa Petalabumi H.Suyana tentang profil desa serta keberhasilan desa baik itu dari segi pembangunan dan ekonomi. Diketahui dari pemaparan Pj Kades H.Suyana, bahwa keberhasilan desa petalabumi yang paling menonjol yaitu PAD (Pendapatan Asli Desa). Untuk PAD, desa Petalabumi bisa mencapai 1,1 Miliyar lebih pertahun. (KRT)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar