Ranting NU Desa Petala Bumi Peringati Harlah NU dengan Gelar Pawai Taaruf dan Bersholawat


Nusaperdana.com, Indragiri Hulu – Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Desa Petalabumi, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), mengadakan acara pawai ta’aruf keliling jalan desa, Sabtu (27/01/2024).

Pawai ta’aruf keliling jalan desa ini digelar dalam rangka memperingati Harlah NU yang ke 101, mulai dari alun-alun desa Petalabumi yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dan dibuka serta dilepas oleh Kepala Desa Petalabumi Sugiono A.Ma yang didampingi para pengurus ranting H.Misran dan Ketua Ranting NU desa Petalabumi Abu Nawas.

Yang menarik, kegiatan diikuti kurang lebih 400 an peserta ini terdiri dari Muslimat NU, Fatayat NU, Pagar Nusa, MA, MTs, Taman Pendidikan Al-Qur’an atau TPQ, MDA, Musalah, sejumlah taman kanak-kanak di kawasan setempat serta dimeriahkan oleh Marchingband.

Kegiatan berlangsung semarak karena juga mendapat pengawalan dari elemen Ansor, Barisan Ansor Serbaguna atau Banser. Demikian pula perangkat desa ikut bergabung dengan pengawalan Ambulance. Yang juga tidak kalah penting yakni keterlibatan masyarakat setempat juga cukup antusias.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada pengurus ranting desa Petalabumi, walau hanya ditingkat ranting tapi perayaan Harlah NU ini layaknya serasa tingkat kabupaten," ujar Kepala Desa Petalabumi Sugiono A.Ma saat memberikan sambutan di acara pelepasan pawai ta'aruf.

Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus dan panitia serta warga NU, semua kalangan yang telah membantu terselenggaranya acara ini, selamat hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke 101, semoga NU semakin besar," kata Kades.

Sambung Kades menyebutkan bahwa pawai ta’aruf harlah NU ini merupakan pertama kalinya diadakan di Desa Petalabumi. "Kedepan, acara pawai taaruf semacam ini harus dibudayakan dan dilestarikan sehingga diharapkan nantinya dapat mengedukasi kepada generasi penerus kita," tutupnya.

Malamnya acara dilanjutkan dengan bersholawat dan pengajian bersama Almukharom KH,M.Hadi Sholekhan dan Kanda Sultan Amirudin AF serta dihadiri juga oleh Camat Kecamatan Seberida Agus Rianto SE MH serta Pengurus Cabang NU Kabupaten Indragiri Hulu.

"Seyogianya acara akan dilangsungkan di Alun-alun desa, sehubungan cuaca pada saat itu turun hujan, kegiatan utama Harlah NU ranting desa Petalabumi kita alihkan di gedung serbaguna desa," kata Abu Nawas Ketua Pengurus Ranting NU desa Petalabumi.

(Karto)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar