Tempoyak, Olahan Masakan Melayu yang Menggugah Selera


NUSAPERDANA.COM - Durian, yang juga dikenal sebagai raja buah memang memiliki cita rasa yang sangat khas. Selain aromanya yang begitu kuat, rasa manisnya sangat kental menjadikan buah ini paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali masyarakat Indragiri Hilir. 

Memasuki penghujung tahun, beberapa titik lokasi di area Tembilahan memang dibanjiri oleh penjual buah durian. Selain dimakan langsung, durian oleh masyarakat Inhil diolah menjadi olahan lain yang tak kalah lezat, salah satunya Tempoyak. 

Olahan khas melayu ini merupakan hasil fermentasi dari buah durian. Rasanya yang manis asam sangat cocok disandingkan dengan sambal dan dapat dijadikan lauk makan. 

"Biasanya kalau saya masak tempoyak ini untuk dicampurkan ke asam pedas ikan patin, rasanya tu bisa buat selera makan menjadi naik" ungkap Rima salah seorang penikmat tempoyak. 

Untuk area Tembilahan, tempoyak bisa didapatkan di Pasar Terapung Tembilahan, Lapak Buah Durian Jl. Kartini dan di pasar tradisional lainnya. Harga tempoyak bervariasi tergantung beratnya, untuk ukuran 1 ons biasa dibandrol Rp 10.000,- .



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar