Terkait Tanpa Hari Jadi Inhu, IPMKS Gelar Forum Grup Diskusi


Nusaperdana.com, Seberida - Bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan Seberida, Sabtu 06 November 2021, Paguyuban/Ikatan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Seberida atau yang di sebut IPMKS melaksanakan agenda Forum Grup Diskusi dengan tema Indragiri Hulu Tanpa Hari Jadi.

Dalam diskusi tersebut IPMKS mengundang narasumber melibatkan Ketua DPRD Kabupaten Inhu Elda Suhanura SH MH dan Datuk Sri Marwan MR dari Ketua Lembaga Adat Melayu Riau, Indragiti Hulu.

"Pihak panitia juga turut mengundang Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE, namun di karenakan sakit maka beliau tidak bisa mengikuti. Diskusi ini di selenggarkan melalui virtual zoom," ujar Ketua IPMKS Romadansyah Silegar.

Kemudian di tambahkan Romadansyah Siregar," Inhu merupakan satu satunya kabupaten di Provinsi Riau yang tidak memiliki hari jadi tidak ada diatur dalam Perdanya mengenai penetapan hari jadi nya, semoga hal ini bisa segera di tuntaskan," harapnya.

Sementara itu Hartono selaku ketua panitia mengatakan, Forum Grup Diskusi yang digelar IPMKS mengangkat tema "Inhu Tanpa Hari Jadi" yang di bahas dan disampaikan dengan pemateri dari sudut pandang Eksekutif, Legislatif dan sudut pandang sejarah Indragiri.

Dalam kesempatan diskusi tersebut, ketua DPRD Kabupaten Inhu Elda Suhanura menyampaikan, sebetulnya hal ini sudah pernah di bahas oleh pendahulu pemimpin Kabupaten Inhu, namun hal ini tidak pernah selesai sampai sekarang, katanya.

Sementara dari Ketua LAMR Inhu Marwan menambahkan, Inhu sebelumnya bernama Indragiri, berubah menjadi Indragiri Hulu. Dikarenakan ada pemekaran dari Kabupaten Indragiri Hilir, seharusnya jika ada daerah yang mekar, maka daerah asal tidak perlu berubah nama, seperti Riau dan Kepulauan Riau, tegas Marwan.

Mengenai hari jadi, sebetulnya permasalahan ini pernah di bahas 10 tahun yang lalu dan sudah sampai tahap seminar, akan tetapi pembahasan tidak tuntas.

"Oleh karena itu saya juga mengajak rekan-rekan mahasiswa bersama LAMR Inhu untuk melakukan audiensi dengan DPRD agar segera membahas tentang pembentukan hari jadi kabupaten kita," ujar Marwan menambahkan. **



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar