Berikut 4 Tips Agar Sepeda Motor Kamu Sulit Dicolong


Nusaperdana.com - Di masa sulit seperti ini karena pandemi COVID-19 dan menjelang lebaran biasanya angka kejahatan semakin meningkat. Tak jarang kendaraan roda dua menjadi incaran para pelaku kejahatan karena mudah dicuri juga mudah untuk dijual.

Pada umumnya para oknum dan pelaku pencurian kendaraan bermotor dapat dengan mudah melakukannya. Dikarenakan sasaran mereka yang mudah dan memang terlebih dahulu diawasi gerak geriknya.

Maka dari itu untuk menghindari sepeda motor Anda menjadi korban pencurian, ada beberapa tips untuk menghindarinya. Paling tidak pelaku pencurian kesulitan untuk melakukan niatnya serta mengurungkannya karena beresiko.

1. Jangan Lupa Kunci Stang

Biasakan untuk selalu mengunci stang, hal ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi terkadang kita lebih banyak lupa dan kurang teliti saat akan meparkirkan motor. Motor yang diparkir dengan kondisi tidak terkunci stang biasanya sangat mudah menjadi sasaran eksekusi para pencuri. Jangan meremehkan walaupun terparkir dirumah sendiri.

2. Pasang Pengaman Tambahan

Tambahkan alat pengaman lainnya juga dapat mempersulit oknum pencuri untuk membawa motor Anda. Tambahan pengaman pada motor kita bisa berupa gembok yang dipasang pada lubang cakram depan. Tips ini akan sedikit mengurangi resiko kehilangan motor kesayangan Anda.

3. Pasang Stiker Tanda Pengenal, Alarm dan GPS

Sebaiknya Anda bisa menambahkan stiker tanda pengenal khas. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk mengenali motor kesayangan Anda bila berpindah tangan. Tambahkan sistem alarm anti maling pada motor yang bisa dilakukan melalui bengkel resmi.

Pemasangan GPS saat ini cukup penting. Terlebih, alatnya sudah termasuk alat pengaman dan pelacak yang bisa terkoneksi dengan ponsel pintar alias smartphone berbasis Android dan IOS dengan aplikasi khusus. Bisa mengetahui secara mudah lokasi dimana kendaraan Anda berada.

4. Pasang Sistem Keyless Ignition System

Sistem keyless ignition system juga bisa membuat motor menjadi lebih aman. Sistem ini akan mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Jika terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin. Ketika kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci.

Hal ini sudah pasti akan membuat motor menjadi lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri. Beberapa motor keluaran terbaru, seperti Suzuki GSX-R 150 sudah dilengkapi sistem yang satu ini. Semoga bermanfaat.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar