Hanya Setengah Anggota DPR yang Hadiri Paripurna Pertama Tahun 2020


Nusaperdana.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 2019-2024 menggelar rapat Paripurna ke-7 yang membuka massa sidang kedua pada Senin (13/1/2020).

Saat itu, anggota DPR yang hadir tercatat hanya setengah dari total keseluruhan.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, Muhaimin Iskandar dan Aziz Syamsuddin.

Ketua DPR Puan Maharani absen lantaran menghadiri Asia Pasific Parliementary Forum di Canberra, Australia.

Tercatat seluruh anggota DPR yang hadir 285 orang dan dihadiri seluruh fraksi. Dari total 575 anggota, yang tidak hadir sebanyak 290 orang.

"Telah ditandatangani oleh sekretariat jenderal DPR terdapat 285 anggota dan dihadiri oleh anggota seluruh anggota fraksi. Maka dengan ini quorum telah terpenuhi dan rapat saya buka dan dinyatakan terbuka untuk umum," kata Dasco membuka rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Dalam paripurna pembukaan masa sidang ini, Dasco bicara tentang banjir yang melanda Jabodetabek. Politikus Gerindra itu menyampaikan pesan duka.

"Kami berduka atas bencana banjir di Jabodetabek, kita meminta kepada pemerintah membangun mitigasi bencana dan membangun kesadaran masyarakat," kata dia.

Adapun agenda rapat paripurna ini lebih banyak anggota yang menyampaikan interupsi.

Beberapa interupsi berupa usulan dan dukungan terhadap Pansus Jiwasraya.

"Agenda rapat paripurna hari ini adalah pidato masa pembukaan sidang Tahun 2020. Namun, sebelum itu masuk beberapa interupsi dari anggota ke meja pimpinan, oleh karena itu saya persilakan," kata Dasco.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar