Jumat Curhat Polres Inhu, Warga Sungai Beringin Sampaikan Sejumlah Masalah


Nusaperdana.com, Indragiri Hulu - Masyarakat Desa Sungai Beringin Kecmatan Rengat menyampaikan Berbagai permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, hal tersebut disampaikan oleh beberapa orang perwakilan masyarakat pada Polres Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau saat kegiatan Jumat Curi Hati Masyarakat (Jumat Curhat), Polres Inhu, pada Jumat (1/9) 2023.

Kegiatan Jumat Curhat dipimpin Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K yang diwakili Kasat Samapta Polres Inhu, AKP Martius Ashairi, diikuti perangkat desa, tokoh masyarakat dan perwakilan masyarakat Desa Sungai Beringin.

Melalui kegiatan tersebut (Jumat Curhat-red) Kapolres Inhu melalui PS Kasubsi Penmas Polres Inhu, Aipda Misran, Jumat siang menjelaskan, ada beberapa permasalahan yang diadukan masyarakat pada Polres Inhu ketika Jumat Curhat.

Diantaranya, keresahan masyarakat tentang munculnya 7 ekor buaya liar di Sungai Indragiri, bahkan sempat mengigit warga yang sedang mencari ikan, untung saja yang digigit bagian tangan sehingga warga tersebut selamat.

Masalah lain, mengenai sering adanya tamu dirumah warga, namun tidak melapor ke perangkat RT atau perangkat desa, bahkan ada juga pasangan remaja yang bertamu sampai larut malam. Warga juga minta masukan mengenai cara untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Mengenai berbagai masalah masyarakat ini, Kasat Samapta Polres Inhu dan Kasiwas Polres Inhu, AKP Aman Aroni, S.H mengatakan, Polres Inhu akan berkoordinasi dengan BKSDA untuk mengambil tindakan atau evakuasi terhadap buaya liar di Sungai Indragiri dan membuat spanduk imbauan untuk berhati-hati pada pinggiran sungai.

Selanjutnya, para tamu dari luar diwajibkan untuk melapor pada RT setempat 1x24 jam, kemudian masing-masing RT membuat banner agar tamu wajib lapor. Tentang kalangan remaja yang bertamu larut malam, warga diminta berkoordinasi dengan RT atau RW setempat, kemudian melaporkan pada polisi RW atau Bhabinkamtibmas.

Untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Pemilu 2024, masyarakat diminta mengaktifkan kembali pos Siskamling dan mengatur jadwal ronda terhadap warga. Selain itu, jangan mudah terprovokasi oleh berbagai isu baik di lingkungan tempat tinggal maupun di media sosial yang dapat menganggu Kamtibmas.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kanit Bhabinkamtibmas Polres Inhu, Iptu M. Didis, Kasikum Polres Inhu, Ipda Hendri Ahmad dan sejumlah personel Polres Inhu.

(Karto)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar