Sahur dan Buka di Rumah Aja

Mie Instan Bisa Dibikin Jadi Ramen Hakata, Begini Resepnya

Sumber Foto: Detik.com

Nusaperdana.com, Jakarta - Mie instan jadi stok makanan praktis selama Ramadhan. Supaya tak bosan, kamu bisa mengkreasikan mie instan jadi ramen Hakata yang gurih nikmat.

Ramen Hakata adalah salah satu jenis ramen terpopuler di Jepang. Asalnya dari distrik Hakata yang ada di Prefektur Fukuoka, Jepang. Meski begitu, ramen Hakata mudah ditemui di seluruh penjuru negeri sakura.

Ciri khas ramen Hakata ada pada penggunaan kaldu putih yang berasal dari tulang babi (tonkotsu). Kaldu yang direbus berjam-jam ini terasa gurih seperti susu. Ramen Hakata dilengkapi mie berukuran kecil dan tipis. Mie ini bisa dipilih tingkat kematangannya, mau keras atau lembek.

Kalau membuat ramen Hakata sungguhan agak sulit, kamu bisa membuatnya dari mie instan. Tentu saja harganya lebih murah. YouTuber Devina Hermawan mengungkap resep mie instan gaya ramen Hakata dalam videonya yang diunggah 19 April 2020.

Untuk kaldu, bahannya ada 250-300 ml air, 1 bawang putih besar, 1 bawang merah besar, 2 cm jahe, 30-50 ml susu evaporasi, dan 1 batang daun bawang bagian putih. Bahan lainnya ada mie instan kuah rasa ayam, daun bawang bagian hijau untuk garnish, gula, dan merica.

Supaya makin lengkap, siapkan juga topping telur, jagung rebus, dan jamur kuping yang diiris tipis. Pertama, iris-iris bawang dan jahe. Masukkan ke air yang sudah direbus, diikuti batang putih daun bawang. Rebus selama 5-10 menit.

Sambil menunggu kaldu mendidih, rebus mie instan di panci berbeda. Siapkan juga bumbu minyak dan bubuknya di mangkuk. Rebus mie dengan tingkat kematangan sesuai selera.

Lalu masukkan air kaldu ke mangkuk berisi bumbu mie instan. Tambahkan juga susu evaporasi. Aduk rata kemudian tambahkan gula dan merica sesuai selera. Aduk rata lagi.

Terakhir, masukkan mie ke mangkuk. Beri pelengkap irisan jamur kuping, jagung, dan telur rebus. Juga daun bawang yang membuat ramen mie instan lebih aromatik lagi. Mie instan gaya ramen Hakata pun bisa dinikmati.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar