Bongkar Rahasia Mengapa Motor Jadi Terasa Enteng Sehabis Dicuci

Sumber Foto: Detik.com

Nusaperdana.com, Jakarta - Mencuci motor tidak hanya membuat kendaraan jadi bersih dan enak dipandang mata. Tapi juga bisa membuat motor tersebut terasa enteng dan nyaman tarikannya. Kok bisa ya? Berikut penjelasannya.

Mencuci motor menjadi hal yang wajib dilakukan secara rutin agar motor terhindar dari serangan karat. Motor yang terkena guyuran hujan, biasanya tidak akan nyaman digunakan karena banyaknya kotoran yang menempel. Oleh sebab itu, wajib segera diguyur menggunakan air bersih.

Tak hanya bisa mencegah karat, mencuci motor ternyata juga bisa membuat tarikan motor lebih enteng. detikers yang peka pasti pernah merasakan beda tarikan mesin sebelum dan setelah motor dicuci.

Apa hal itu benar? "Secara logika bisa jadi ada pengaruhnya," buka Stefanus Yoga, detailer dari Detailworks MotoSpa, Bintaro, Tangerang Selatan, kepada detikoto, beberapa waktu lalu.

Dikatakan pria yang akrab disapa Agoy, kotoran yang menutupi bagian blok mesin dan header knalpot, bisa menghambat pembuangan panas dari mesin. "Ujung-ujungnya pengaruh ke performa motor yang nggak bisa maksimal," lanjutnya.

Selain mesin, kotoran-kotoran yang menempel di sela-sela komponen motor juga bisa bikin tarikan motor tidak enak, jadi ketika kotoran tersebut rontok karena proses pencucian, tarikan motor jadi terasa enteng.

"Apalagi di musim hujan seperti sekarang. Kotoran bakal cepat nempel di gir sama rantai, disc brake, dan juga di sil master rem belakang, sehingga kalau kotoran itu sudah mengering bikin tarikan motor kurang enak," katanya lagi.

Tapi dalam mencuci motor juga harus hati-hati ya sobat. Motor boleh dicuci secara detail sampai benar-benar bersih, tapi untuk bagian kelistrikannya jangan sampai kena air. Karena akibatnya motor bisa saja mengalami korsleting dan mesin tidak bisa di-starter.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar