Bupati Kasmarni Buka Bimtek KUBE dan Serahkan Bantuan Sosial

Bupati Bengkalis Kasmarni Menyerahkan Bantuan Secara Simboliis Kepada Perwakilan KUBE

Nusaperdana.com,Mandau - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) khusus wilayah Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan, sekaligus memberikan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Fakir Miskin, di Aula Susuka Hotel, Senin (7/8/2023). 

Bimtek KUBE dibuka dan Pemberian bantuan dilakukan langsung oleh Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wabup Bagus Santoso, Anggota DPRD Provinsi Riau Irwandi dan Plt Kadis Sosial Hambali. 

Dalam sambung Bupati Bengkalis Kasmarni mengatakan bahwa keberadaan KUBE memiliki arti penting dan strategis di tengah kehidupan masyarakat saat ini.

"Karena melalui KUBE, kami pemerintah daerah berupaya untuk membangun kesadaran serta meningkatkan kemandirian masyarakat guna mengembangkan usaha ekonomi produktifnya, agar mampu memberi nilai tambah ekonomis dan kemandirian melalui infrastruktur ekonomi sosial yang berkelanjutan," ujar Bupati.

Untuk itu, Bupati sangat berharap kepada pengurus dan anggota KUBE dapat terus meningkatkan kompetensinya agar dapat terus membangun kerjasama dan koordinasi yang baik, serta memperkuat tekad untuk menjadi episentrum terhadap program-program penanganan kemiskinan di Negeri Junjungan ini, agar secara bersama-sama bisa mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera. 

Selanjutnya, kepada Dinas Sosial sebagai leader utama dan para pendamping sosial KUBE, Bupati juga minta untuk terus melakukan pendampingan kepada KUBE yang ada di daerah ini, agar usaha ekonomi produktif mereka lebih terarah dan mencapai tujuannya.

"Terus bimbing dan arahkan mereka dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi usaha secara bersama-sama. Sehingga dapat memupuk kepercayaan diri mereka dan tentunya mendorong tumbuhnya rasa kesetiakawanan di antara sesama anggota maupun dengan komunitas lain di lingkungan mereka," pintanya.

Pada kesempatan itu, Disamping memberikan bantuan untuk KUBE Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan, Bupati Bengkalis Kasmarni juga turut membagikan bantuan secara simbolis berupa kursi roda, bantuan kacamata, dan bantuan kepada anak terlantar se-Kabupaten Bengkalis.

"Bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan tanggung jawab kami pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, wujud komitmen kami dalam mengimplementasikan salah satu program unggulan daerah yakni “Program Akses Jaminan Sosial dan Kesehatan Total Bagi masyarakat”, melalui kegiatan bantuan sosial masyarakat," tuturnya.

Usai membuka dan membagikan berbagai bantuan pada Bimtek tersebut, Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wabup H Bagus Santoso serta rombongan, turut melakukan peninjauan Kedai Bermasa Harian Lia Jaya Pratama, di Jalan Karang Anyer, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau dan menyapa warga yang mendapatkan manfaat atas kemudahan itu.

"Insya Allah kita akan tetap berkomitmen, terus memberikan kemudahan dan kemandirian untuk bapak ibu sekalian. Kedai Bermasa ini tentu kita harapkan dapat menjadi langkah dalam mewujudkan Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera," kata Bupati ketika menyapa masyarakat setempat.

Turut hadir dan mendampingi Bupati Kasmarni, anggota DPRD Provinsi Riau, Iwandi, Plt Kepala Dinas Sosial H Hambali dan sejumlah Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten, Camat Mandau Riki Rihardi dan Camat Bathin Solapan, Muhammad Rusydy dan para undangan lainnya, serta para peserta Bimtek.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar