Gelar Festival di Pesantren untuk Gali Potensi Wisata Religi di Situbondo


Nusaperdana.com Situbondo - Upaya menggali potensi wisata terus dilakukan di Situbondo. Tak hanya di spot-spot panorama alam yang indah saja. Menyandang label sebagai Kota Santri, Kabupaten Situbondo juga melirik pengembangan wisata religi melalui dunia pesantren. Di antaranya dengan menggelar festival pesantren, yang melibatkan puluhan pondok pesantren (Ponpes) di Situbondo.

"Selama ini kita dikenal sebagai Kota Santri. Nah, festival pesantren ini untuk menggali potensi di dunia pesantren. Sehingga nantinya bisa jadi daya tarik tersendiri. Jadi wisata itu tidak hanya hiburan-hiburan saja," kata Kepala Dinas Pariwisata Situbondo, Tutik Margiyanti kepada detikcom, Minggu (22/12/2019).
Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, festival pesantren yang digelar Dinas Pariwisata dipusatkan di Alun-Alun Situbondo. Festival dikemas melalui aneka perlombaan dan stand bernuansa Islami.

Untuk yang dilombakan mulai dari lomba kaligrafi, Qiroah, Puisi Islami, hingga lomba Hadrah. Aneka lomba itu melibatkan kalangan santri dari berbagai bagai ponpes dari 17 Kecamatan di Situbondo. Selain dari lokal Situbondo, dewan juri perlombaan juga didatangkan dari luar Situbondo.

Acara festival pesantren ini mencapai puncaknya pada Sabtu (21/12) tadi malam. Tak hanya diisi dengan pembagian hadiah bagi para santri pemenang saja. Penyelenggara juga sengaja mendatangkan Guest Star band Islami, yakni Anisa Rahman dan Note7.

"Festival pesantren ini bagus untuk menggali, menampilkan, serta memaksimalkan potensi pesantren yang ada di Situbondo. Ini juga bisa lebih mengenalkan Situbondo sebagai kota santri," tandas Ketua Dewan Kesenian Situbondo, Edy Supriyono, yang juga alumnus salah satu Ponpes di Situbondo itu.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar