Ini Sosok Ainun Najib Namanya yang Disebut Jokowi Saat Pengukuhan PBNU


Nusaperdana.com - Saat memberikan sambutan pada pengukuhan PBNU 2002 - 2027 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Presiden Joko Widodo berharap adanya pengelolaan tekologi yang andal di lingkungan NU. Jokowi bahkan memuji salah satu praktisi IT NU bernama Ainun Najib yang saat ini masih menetap di Singapura.

"Saya kenal satu orang. Beliau kerja di Singapura sudah lama, tujuh tahun lalu saya kenal. Mengerjakan semua apa pun bisa. Namanya Mas Ainun Najib, masih muda sekali. (Aktivis) NU. Tapi di sana, gajinya sangat tinggi. Kalau diajak ke sini, gajinya harus lebih besar dari Singapura,” kata Jokowi dalam sambutannya, Senin, 31 Januari 2022.

Siapakah sosok Ainun Najib yang disebut Presiden Jokowi?
Ainun Najib merupakan aktivis NU asal Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang berprofesi sebagai ahli teknologi informasi atau praktisi teknologi informasi. Saat ini beliau tinggal bersama istrinya Nimah Eka Yanti dan empat anak mereka di Singapura.

Lahir 20 Oktober 1985 silam dari pasangan Abdul Rozaq dan Rustinah di Desa Klotok, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sosok Ainun mengawali pendidikannya di Madrasah Ibtidaiyah Balongpanggang, lalu melanjutkan ke SLTPN 1 Balongpanggang. Lulus SLTP, Ainun pindah ke Surabaya karena melanjutkan sekolah di SMUN 5 Surabaya. Sejak 2003 sampai 2007, Ainun mengenyam perguruan tinggi di Universitas Teknologi Nanyang (NTU), Singapura dengan jurusan Computer Engineering.

Pada 2006 sampai 2007 Ainun turut bergabung mewakili NTU dalam perlombaan pemrograman ACM ICPC bersama dua mahasiswa Indonesia lainnya. Tim ini menjuarai ACM ICPC level regional Asia di Teheran, Iran (2006) dan ikut bertanding level dunia di Tokyo, Jepang (2007).

Setelah lulus, Ainun bergabung dengan IBM Singapura sebagai software engineer. Kemudian menjadi konsultan senior.

Ainun Najib Penggagas KawalPemilu.org dan KawalCovid-19
Nama Ainun Najib mulai dikenal luas di Indonesia sejak dirinya menjadi juru bicara dan salah satu penggagas situs KawalPemilu.org, yaitu situs crowdsourcing digitalisasi dan penghitungan hasil Pemilihan Umum Presiden 2014 berdasarkan scan formulir C1 dari KPU.

Ainun Najib dan rekannya Pahlevi Fikri Auliya juga meluncurkan situs kawalapbd.org pada Maret 2015. Situs ini menjabarkan rencana APBD versi kedua pihak, termasuk menunjukkan perbedaan-perbedaan dan kejanggalan yang ada di kedua anggaran tersebut. Selanjutnya, Ainun Najib juga menggagas KawalCOVID-19.(red)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar