Kaitan Golongan Darah dengan Corona Kembali Ditemukan


Nusaperdana.com - Tim ilmuwan Eropa mengatakan mereka telah menemukan dua variasi genetik yang menunjukkan kemungkinan siapa yang lebih cenderung terinfeksi parah karena virus CoronaCOVID-19. Temuan ini juga berkaitan dengan golongan darah tertentu.

Studi yang dimuat pada Rabu, di New England Journal of Medicine, menunjukkan penjelasan mengapa beberapa orang mengalami kondisi kritis karena virus Corona.

Sedangkan sebagian lainnya hanya mengeluhkan gejala ringan Corona bahkan tidak bergejala sama sekali.

Temuan mereka menyebut orang dengan golongan darah A memiliki risiko lebih tinggi terkena virus Corona dan memiliki kemungkinan mengalami gejala yang parah. Sementara orang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terpapar Corona.

"Data genetik kami mengkonfirmasi bahwa golongan darah O memiliki risiko tertular COVID-19 lebih rendah daripada kelompok darah non-O, sedangkan golongan darah A dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi daripada golongan darah non-A," peneliti menulis dalam laporan mereka, dikutip dari CNN International,pada Kamis (18/6/2020).

Mereka menemukan orang dengan golongan darah A memiliki risiko 45 persen lebih tinggi terinfeksi Corona daripada orang dengan golongan darah lain, dan orang dengan golongan darah Ohanya 65 persen lebih mungkin terinfeksi dibandingkan orang dengan golongan darah lain.

Tim internasional besar pertama-tama menerbitkan temuan mereka pada server pracetak yang tidak ditinjau oleh rekan sejawat. Laporan tersebut sekarang telah ditinjau dan diterbitkan dalam jurnal ternama.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Andre Franke, seorang profesor kedokteran molekuler di Universitas Kiel di Jerman, mempelajari lebih dari 1.900 pasien virus Corona dengan gejala parah di Spanyol dan Italia, dan membandingkannya dengan 2.300 orang yang tidak sakit.

Mereka melakukan apa yang dikenal sebagai studi asosiasi genom-lebar, menjelajahi seluruh peta genetik untuk menemukan dua variasi DNA yang lebih umum pada pasien dengan kondisi kritis.

"Kami mendeteksi kerentanan baru pada kelompok gen kromosom 3p21.31 dan mengkonfirmasi potensi keterlibatan sistem golongan darah ABO di COVID-19," catat mereka.

Para peneliti tidak dapat mengatakan apakah golongan darah merupakan penyebab langsung dari perbedaan kerentanan.

Disebutkan, mungkin saja bahwa perubahan genetik yang mempengaruhi risiko seseorang juga hanya dikaitkan dengan golongan darah, kata mereka.

Dua variasi genetik yang mereka temukan dapat dikaitkan dengan respons imun seseorang. Badai sitokin yang disebut reaksi berlebihan dari sistem kekebalan disalahkan atas efek paling mematikan dari virus Corona pada banyak pasien.

Roy Silverstein, ahli hematologi yang merupakan ketua departemen kedokteran di Medical College of Wisconsin, mengatakan bahwa hubungan golongan darah ini masuk akal.

"Gen yang mengendalikan golongan darah juga mempengaruhi struktur yang disebut gula pada permukaan sel, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kemampuan virus untuk menginfeksi sel-sel itu," katanya.

Selain itu, golongan darah dikaitkan dengan risiko pembekuan darah, dan sekarang sudah jelas bahwa infeksi virus Corona parah ditandai oleh pembekuan darah yang tidak biasa di seluruh tubuh.

Namum Silverstein, mantan presiden American Society of Hematology, mengatakan temuan itu sangat kecil artinya bagi orang kebanyakan.

"Perbedaan absolut dalam risiko sangat kecil. Pengurangan risiko mungkin signifikan secara statistik, tetapi itu adalah perubahan kecil dalam risiko aktual. Anda tidak akan pernah memberi tahu seseorang dengan golongan darah O bahwa mereka memiliki risiko infeksi yang lebih kecil," katanya.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar