Monitoring Nataru di Ambon, Kemenhub Antisipasi Potensi Lonjakan Penumpang


Nusaperdana.com, Ambon - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut gencar melakukan persiapan jelang periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Setibanya di Ambon, inspeksi yang dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo langsung meninjau kesiapan Posko Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru di 2 lokasi yaitu Pelabuhan Yos Sudarso dan Pos Pelabuhan Gudang Arang.

Dalam kunjungannya, Dirjen Agus meminta kepada pihak pelabuhan agar segera mendeteksi jika ada kemungkinan lonjakan penumpang. “Pihak pelabuhan harus segera mengadakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait apabila ada kemungkinan lonjakan penumpang agar penyelenggaraan angkutan Nataru ini dapat berlangsung dengan sukses," tegas Dirjen Agus dihadapan operator kapal dan pelabuhan, Para Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Perhubungan Laut di Maluku, serta pegawai yang bertugas di posko angkutan laut Nataru 2019 di kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon, Minggu (15/12).

Selain itu, hal lain yang menjadi point penting Dirjen Agus dalam arahannya meliputi pengelolaan kapal tol laut dan perintis serta pengaturan alur barang dan biaya sehingga tidak memberatkan pihak manapun. “Ke depan, sistemnya akan dikembangkan dengan teknologi untuk memberikan jaminan kepastian dalam pelayanan kepada masyarakat," kata Dirjen Agus. 

Pada kesempatan tersebut, Ia juga mengingatkan kepada insan perhubungan khususnya perhubungan laut agar mewaspadai pola penyelundupan narkoba melalui kapal-kapal kecil. "Waspadai peredarannya, tentunya dengan memperhatikan keselamatan pelayaran," tutur Dirjen Agus. 

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala KSOP Kelas I Ambon, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, PH. Kadisnav Ambon, General Manager PT. Pelindo IV Cab. Ambon, juga Kepala Cabang PT. Pelni Ambon.

KM Sanus 72 Angkut 474 Peserta Mudik Gratis Dishub Provinsi Maluku

Dimulainya gelaran Posko Nataru 2019 di Pelabuhan Ambon akan ditandai dengan apel siaga di Dermaga Yos Sudarso. Apel siaga pembukaan Posko Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru 2020 yang akan berlangsung pada Senin, 16 Desember 2019 besok, sekaligus dirangkai dengan pelepasan peserta program mudik gratis perhubungan melalui Dinas Perhubungan Provinsi Maluku. 

Kapal KM. Sabuk Nusantara 72 merupakan armada pertama yang akan memberangkatkan 474 penumpang dalam program mudik gratis tersebut dengan rute Molu - Larat - Rumean - Tutukembun - Saumlaki.

Kesiapan penyelenggaraan mudik gratis ini pun tidak luput dari perhatian Dirjen Agus,  dimana dirinya juga berkesempatan untuk mengecek kondisi kapal yang akan digunakan dalam program ini. 

Sebagai penutup, tidak lupa Ia memberikan apresiasinya atas program mudik gratis ini. Dirinya juga menghimbau kepada seluruh komponen pelabuhan agar senantiasa menjaga kekompakan dalam memberikan pelayanan. “Semua ini dapat berjalan dengan lancar apabila kita selalu menjaga kekompakan dan soliditas dalam pelayanan kepada masyarakat," tutup Dirjen Agus.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar