Pemkab Kampar Tandatangani Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama Dengan STTD.


 Nusaperdana.com, Jakarta,-Pemerintah Kabupaten Kampar tandatangani nota kesepakatan dan perjanjian kerja sama tentang pemenuhan SDM (Sumber Daya Manusia) bidang Perhubungan darat  bersama Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Jakarta yang dilaksanakan di Ruang Rapat I BPSDMP Kementerian Perhubungan di Jakarta. Jum’at,23/2/24.

Penjabat Bupati Kampar menyampaikan sambutannya bahwa kerjasama ini adalah bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Kampar dalam memenuhi SDM yang berkualitas. Senada dengan tema hari jadi Kabupaten Kampar 2024, yaitu “Kampar makin melaju menuju Indonesia emas tahun 2045”, menunjukkan bagaimana insan transportasi mampu bergerak secara konsisten dalam kerja nyata demi mewujudkan transportasi maju di Indonesia, khususnya Kabupaten Kampar berbenah menjadi tujuan destinasi wisata dan industri, serta minapolitan di Provinsi Riau. Tentunya sub sektor perhubungan darat berperan penting dalam keselamatan transportasi dari dan menuju Kabupaten Kampar.

Ditambahkan Hambali, dengan kehadiran kami disini, merupakan bentuk keseriuan pemerintah Kabupaten Kampar untuk mendapatkan kuota bagi anak-anak Kabupaten Kampar yang ingin bersekolah di  STTD ini.

"Dengan diberikannya kuota oleh kementerian perhubungan, maka orang tua tidak lagi galau atau ragu menyekolahkan anaknya, seperti yang terjadi saat ini, banyak yang menjadi pengangguran setelah tamat kuliah" jelas Hambali

Selanjutnya  Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar  Refizal, S.STP, M.IP yang juga menghadiri acara tersebut menyampaikan bahwa untuk tahap awal Pemerintah Kabupaten Kampar dengan PTDI-STTD. Selama 5 tahun kedepan ditargetkan 50 orang putra-putri terbaik Kabupaten Kampar dari jurusan IPA mendapatkan alokasi dan kuota kelulusan menjadi Taruna dan Taruni STTD untuk menimba ilmu transportasi di Bekasi yang nantinya menjadi PNS di Kabupaten Kampar.

Lebih jauh dijelaskan oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kabupaten Kampar : Yurisdan, S.Si.T, ST, S.IPem, M.Eng, M.Si, Ph.D, bahwa dalam waktu dekat direncanakan Pemerintah Kabupaten Kampar akan menandatangi Perjanjian Kerja Sama dengan Politeknik Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Palembang. Kompetensi ini sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Kampar dan masyarakat dalam membina keselamatan transportasi perairan darat. Banyak sungai, danau dan penyeberangan kecil yang butuh pembinaan dan inovasi. Dengan adanya Taruna dan Taruni ASDP dari putra-putri Kabupaten Kampar diharapkan dapat menjadi Aparatur yang profesional dibidangnya.

Untuk jurusan tertentu di ASDP dimungkinkan dapat diikuti oleh Siswa-siswi SLTA sederajat dari jurusan IPS atau non eksakta. Selanjutnya kerja sama juga akan dilaksanakan dengan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal dimana mencetak SDM Penguji Kendaraan Bermotor dan Ahli rancang bangun rekayasa kendaraan, juga berasal dari putri-putri Kabupaten Kampar yang mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Taruna Perhubungan tiap tahunnya di portal sekolah kedinasaan yang dikelola Badan Kepegawaian Negara.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kementerian Perhubungan,  Captain Wisnu Handoko mengatakan bahwa dirinya memberikan apresiasi terhadap keseriusan Pemerintah Kabupaten Kampar, saya berharap pimpinan daerah yang lain juga melakukan hal yang seperti ini, guna menghasilkan sesuatu untuk landasan kerja kita bersama sampai beberapa tahun kedepan.

Pada kesempatan tersebut, Wisnu mengatakan bahwa pengusulan formasi pegawai lulusan STTD harus lengkap dengan jabatan fungsionalnya, kita harus di back up dengan struktur administrasi agar ada landasan yang jelas terkait kebutuhan daerah kepada menpan, dengan adanya MoU ini, kita bisa memprediksi kebutihan pegawai yang ada di Pemda 5 tahun kedepan, bisa kita petakan.

"dengan adanya MoU dan PKS ini, maka tidak ada Pemerintah Daerah yang tidak bisa menerima lulusan sekolah kita ini, kita berharap, dengan banyaknya lulusan dari Sekolah Perhubungan ini, diharapkan trasportasi daerah tersudukung oleh lulusan-lulusan yang kompeten.

Ditambahkannya, kami tidak menutup kemungkinan untuk memberikan sorhtcourse yang lain, kami terbuka untuk melakukan kerjasama, semoga kedepannya kita lebih intensif lagi menghasilkan kolaborasi untuk terciptanya sdm transportasi yang unggul.

Pada kesempatan yang sama Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kementerian Perhubungan juga melakukan Mou dengan Pemerintah Kota Banda Aceh.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kadis Perhubungan, Reflizal, Plt, Kepala DPMPTSP, Yuricho Efriel, Kepala Dinas Perkim, Rusdi Hanif, Kepala BKPSDM, Syarifuddin 



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar