Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Timor Leste, Hasilkan 5 Kesepakatan

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Timor Leste, Hasilkan 5 Kesepakatan/Merdeka.com

Nusaperdana.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Republik Demokratik Timor-Leste José Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (19/8). Ada lima kesepakatan yang diambil dari hasil pertemuan dua pemimpin negara itu.

"Pertama kita sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan dua negara dengan melihat tren hubungan perdagangan yang terus positif saya yakin perdagangan dua negara bisa ditingkatkan," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7).

Kedua, mereka sepakat untuk memperkuat konektivitas baik darat maupun laut. Untuk jalur darat, Jokowi berharap peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili segera dapat dilakukan.

"Dan untuk konektivitas laut saya menilai pentingnya untuk membuka rute kapal Kupang-Dili-Darwin," ujarnya.

Ketiga, Jokowi dan Ramos Horta sepakat untuk memperkuat pembangunan perbatasan. Harapannya, pembangunan pos lintas batas negara dapat selesai tahun ini.

"Dan saya juga mendorong agar joint border committee dapat dilakukan kembali," jelasnya.

Keempat, Jokowi menyampaikan komitmen BUMN dan perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste termasuk di bidang infrastruktur.

"Kelima saya mendorong kedua negara dapat segera menyelesaikannya bilateral investment treaty, nilai Investasi Indonesia saat ini mencapai 818 juta USD terutama di sektor perbankan, migas dan telekomunikasi," pungkasnya.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar