Polres Gandeng Satgas Covid-19 Tana Toraja Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Cegah Corona Secara Mandiri


Nusaperdana.com, Tana Toraja - Polres Tana Toraja yang bekerjasama dengan satgas covid -19 Tana Toraja memulai kegiatan yang sifatnya mengedukasi warga pada tindakan cegah corona secara mandiri, Senin (6/4/2020).

Sekitar pukul 10.00 wita, bertempat di Mapolsek Mengkendek, Waka Polres Tana Toraja Kompol Jacob Lobo SH MH memimpin tim sosialisasi dan pelatihan cara mencegah corona secara mandiri, Jacob Lobo SH MH mengikut sertakan Paurkes Polres Tana Toraja Ibu Desy Dudung yang berlatar tenaga medis.

"Kegiatan sosialisasi pencegahan corona secara mandiri ini menggandeng satgas covid 19 Kab. Tana Toraja, ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta sosialisasi tentang bagaiamana cara cegah corona secara mandiri, sekaligus juga di harapkan menjadi bekal bagi peserta yang akan mereka bagikan pula pengetahuan ini kepada warga sekitar," kata Jacob Lobo.

Lanjutnya lagi, edukasi ini adalah awal dari kegiatan berkesinambungan dalam rangka membangun ketahanan masyakarat melawan corona.

"Untuk itu kami menggandeng satgas covid 19 Tana Toraja untuk menyatukan visi dan misi, dan kami apresiasi satgas covid -19 yang langsung menyambut kegiatan ini dengan ikut melibatkan pihak-pihak terkait untuk mengikuti kegiatan sosialisasi di Polsek Mengkendek," terang Jacob Lobo optimis.

"Sekali lagi ini tahap awal, kemungkinan sosialisasi edukasi cegah Corona secara mandiri ini akan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya dengan pelibatan tim tim medis yang intinya mengajari masyarakat kita bagaimana cara mencegah corona secara mandiri, saya kira mencegah itu lebih baik daripada mengobati," sambungnya.

Berthy Mangontan, sebagai ketua koordinator Media Center Satgas Covid Tana Toraja yang dikonformasi membenarkan perihal keikutsertaan satgas covid 19 Tana Toraja pada kegiatan sosialisasi cegah corona secara mandiri yang di laksanakan oleh Polres Tana Toraja.

"Setiap hal yang baik demi menyelamatkan masyarakat kita dari bahaya Corona tentunya akan disambut baik oleh satgas covid, itu perlu kita dukung bersama, sosialiasi cegah Corona secara mandiri ini merupakan pola pencegahan yang bertujuan untuk mengajari masyarakat kita untuk berani dan survive melawan Corona dengan cara cara yang mudah difahami oleh warga kita sebagaimana yang di anjurkan oleh pemerintah," kata Berthy Mangontan.

Diakui oleh Berthy, mendidik warga kita untuk mencegah corona adalah sebuah terobosan dari Polres Tana Toraja.

"Ini sebuah terobosan, jika selama ini kita mengenal istilah isolasi mandiri, lalu mengapa kita tidak ajari masyarakat kita dengan cara cegah corona secara mandiri pula, untuk itu kami pun apresiasi langkah Polres Tana Toraja ini, kami pun berharap ini adalah awal yang baik dalam membangun ketahanan warga dalam melawan corona," terangnya.

Informasi yang dihimpun dari Desy Dudung yang tergabung dalam tim sosialisasi menyebutkan bahwa kegiatan ini bentuknya menyampaikan kepada peserta bagaimana cara cegah corona yang dapat di laksanakan oleh peserta, yang kemudian para peserta pun akan melanjutkan edukasi ini kepada warga sekitar.

"Pesertanya terdiri dari aparat bhabinkamtibmas, aparat dari kecamatan dan lembang, yang nantinya akan menyampaikan edukasi ini kepada warga sekitar," kata Desy Dudung.

Adapun materi edukasi cegah Corona secara mandiri disebutkan oleh Desy Dudung mengacu pada Physical Distancing.

Dikutip darinya, esensi dari sosialisasi cegah Corona secara mandiri yang penting untuk di ketahui sebagai berikut :
1. Pengenalan dan pengetahuan tentang virus Covid-19
2. Cara melindungi diri dari Corona secara mandiri dengan menggunakan APD (Alat pelindung diri)
3. Pengenalan cara pembuatan dan penggunaan cairan disinfektan dan Antiseptik
4. Cara menggunakan disinfektan bagi karyawan kantoran.
5. 6 langkah Cara mencuci tangan yang benar menurut WHO.
6. Fungsi dari Physical Distancing.
7. Cara meningkatkan Imunitas (kekebalan ) Tubuh agar terhindar dri virus Corona
8. Etika bersalaman yang baik dan benar

Cara mandiri cegah corona yang mudah di terapkan oleh warga atau oleh siapa pun menurut Desy Dudung :
- Jaga Jarak Aman
- Hindari kerumunan
- Lengkapi diri dengan APD saat keluar rumah seperti masker medis atau masker non medis ( yang higienis )
- Hindari bersalaman untuk sementara
- Sering sering tangan dengan sabun dan air mengalir
- Jangan menyentuh area muka bilamana belum cuci tangan ( setelah keluar dari rumah ).
- Jika urusan di luar rumah sudah selesai maka bergegaslah pulang.
- Sediakan cairan disinfektan dirumah yang aman di gunakan.
- Tingkat daya tahan tubuh ( Imun ) dengan mengkonsumsi sayuran dan buah - buahan.
- Istirahat yang cukup

"Corona adalah virus yang tidak melayang di udara, virus ini menempel, salah satu penyebarannya melalui kontak fisik, nah dengan menjaga jarak aman, tidak berkerumun dan menggunakan alat pelindung diri seperti masker, cuci tangan dengan air sabun di air yang mengalir, sudah cukup untuk menghindarkan diri dari Corona, dan cara mandiri ini perlu sekali di ajarkan kepada warga kita dalam upaya memutus mata rantai penyebaran corona," ujar Desy Dudung dengan optimis.

Sebagai informasi penutup , sosialisasi cegah corona secara mandiri yang berlangsung di Mapolsek Mengkendek, di hadiri oleh, Kapolsek Mengkendek bersama personil, Kadis Kominfo Pemkab. Tana Toraja Berthy Mangontan yang hadir bersama dengan koordinator Pemberitaan Media Center satgas Covid 19 Tana Toraja Daniel Galenta , Camat Mengkendek Sa'pan Sampelino, beberapa kepala lembang, perwakilan dari puskesmas, 4 tokoh agama, dan personil Babinsa Koramil Mengkendek. (Hms/Arie)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar