Ratusan Turis Tiongkok ke Sumbar Dipastikan Bebas Virus Korona


Nusaperdana.com, Padang - Di tengah kekhawatiran penyebaran virus Korona yang berasal dari wilayah Wuhan, Tiongkok, provinsi Sumatera Barat malah menerima turis dari negeri Tirai Bambu.

Meski begitu, pihak biro travel yang mendampingi 174 wisatawan Tiongkok itu tidak terjangkit virus korona.

Adapun biro travel yang mendampingi turis asal Tiongkok tersebut adalah PT Marawa Coporate bersama Cocos Tour.

Para turis itu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau pada Minggu (26/1) pagi, sekitar pukul 05.45 WIB.

Sebagaimana dikuti dari Antara, Darmawi selaku pimpinan PT Marawa Corporate mengatakan, seluruh WN Tiongkok itu berangkat dari Bandara Kunming, Provinsi Yunan.

Mereka berangkat dengan penerbangan langsung.  Dengan waktu perjalanan waktu empat jam.

Menurut Darmawi, Yunan sangat jauh dari daerah Wuhan yang berjarak sekitar 19 jam perjalanan. Para turis berangkat ke Sumbar setelah melalui pemeriksaan di Bandara Kunmin.

Lebih jauh Darmawi menerangkan, hingga saat ini Bandara Kunmin masih membuka penerbangan luar negeri. Artinya, lokasi itu tidak terpapar virus korona.

Selain itu, pihak otoritas bandara di sana melakukan pemeriksaan kesehatan dengan alat pemindai suhu dan pemeriksaan.

Setelah mereka lolos tes kesehatan baru diperbolehkan masuk ke dalam pesawat dan mereka akan melalui empat perjalanan dengan penerbangan langsung dari Kunmin ke BIM di Kabupaten Padangpariaman.

Darmawi melanjutkan, sesampai di BIM, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar, Otoritas bandara, Angkasa Pura II, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan lainnya untuk kembali melakukan pemeriksaan terhadap warga negara asing tersebut.

Mereka akan kembali menjalani serangkaian pemeriksaan di BIM, mulai dari alat pemindai suhu dan lainnya. Setelah mereka lolos baru diperbolehkan ke pihak Imigrasi.

“Artinya mereka telah melewati dua kali pemeriksaan baik di Tiongkok maupun di Sumbar. Selain itu kami sudah koordinasi dengan agen tur di sana jika ada yang mengalami sakit tidak usah ikut dalam tur ini,” katanya.

Setelah itu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan memberikan mereka kartu prioritas apabila terkena penyakit dan harus dirujuk ke rumah sakit yang telah ditentukan.

“Kartu itu akan mereka kantongi selama di sini. Selain itu untuk memastikan keamanan, lokasi yang akan dikunjungi turis tersebut akan dilengkapi dengan tenaga kesehatan,” kata dia.

Sementara perwakilan Cocos Tour Erwin menambahkan 174 turis dari Tiongkok tersebut akan berada di Sumbar hingga 31 Januari dan mereka akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Sumbar.

“Kami berharap potensi wisata yang dimiliki Sumbar dapat memberikan dampak perekonomian positif kepada masyarakat dan daerah,” kata dia.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar