RSUD Puri Husada Gelar Sosialisasi HIV/Aids Sekaligus Pemeriksaan Gratis


Nusaperdana.com, Tembilahan – RSUD Puri Husada mengadakan peringatan hari AIDS sedunia yang di laksanakan di lobi RSUD puri Husada Tembilahan, Kamis, (5/12/2019) pagi.

Para peserta dalam pelaksanaan hari AIDS sedunia ini berjumlah kurang lebih 70 peserta mencakup para mahasiswa se Inhil, persadia, kepala ruangan RSUD Puri Husada.

Acara ini di buka secara langsung oleh direktur RSUD puri Husada dr.Saut pakpahan dan juga memiliki 3 narasumber yaitu dr.Risna Hidayati, Bobi setiawan, dan Syaifullah.

Dalam pelaksanaan acara tersebut para panitia juga membagikan brosur yang berkaitan dengan bahaya dan penyebab dari penyakit AIDS agar para peserta lebih memahami tentang apa yang menyebabkan AIDS dan Bahayanya tersebut.

Di jelaskan oleh syaifullah sebagai pemateri bahawasanya penderita AIDS/HIV tidak memiliki tanda yang terlihat pada penderitanya cara satu satunya untuk mengatuainya dengan memeriksakan darah si penderita.

Dan mereka juga menjelaskan bahwasanya penularannya hanyalah ada 4 yaitu dengan jarum suntik, donor darah, penularan ibu kepada anak yang sedang di kandung dan yang terakhir pada hubungan seksual yang tidak aman.

Pada akhir acara pihak RSUD Puri Husada Gelar Periksa AIDS/HIV secara gratis kepada para peserta sosialisasi.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang di taja oleh tim AIDS puri Husada untuk melakukan sosialisasi ini," sebut Saut Pakpahan.

Selain itu tim media Nusaperdana juga mewawancara salah satu Narasumber Syaifullah dan ia menyebutkan. "Harapan kami dengan di ada kan nya cara ini mahasiswa sebagai ujung tombak untuk menyampaikan informasi tadi ke masyarakat dan dari informasi yang di lakukan dapat merubah perilaku mereka tadi,"harapnya.

"Jika memang melakukan perilaku beresiko hentikanlah perilaku yang beresiko tersebut, dan jika ada menemukan tetaga atau keluarga yang memang memiliki gejala gejala AIDS tolong arahkan untuk di ketika dan jika ada yang membuka dirinya bahwa dia terkena AIDS tolong jangan di diskriminasi," himbaunya. (Safar)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar