Sambut Tahun Baru Islam, PPM Syamsuddin Gelar Public Spaeking Contes .


Nusaperdana.com, Indragiri Hulu - Tepatnya pada tanggal 14 Agustus 2021 hari Sabtu sekitar pukul 20.30 WIB, Pondok Pesantren Modern (PPM) Syamsuddin Buluh Rampai kecamatan Seberida (INHU) mengadakan acara peringatan tahun baru Islam 1443 Hijriyah.

Sebelum panitia menyampaikan materi, acara ini juga dibuka langsung oleh Pimpinan PPM Syamsuddin H.Aris Ulinuha Lc, sekaligus diikuti dengan pembacaan kitab suci Al Quran oleh salah seorang santri.

Para santri sangat antusias mengikuti acara yang sedang berlangsung, yang diselenggarakan dimulai pada pukul 20.30 WIB.

Perlombaan yang digelar yaitu lomba pidato 3 bahasa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan pidato bahasa Arab. Pesertanya adalah utusan dari kelas VII MTs s/d kelas X MA yang lolos Audisi 3 hari sebelumnya, untuk memperebutkan piala juara 1,2,3 setiap bahasa yaitu pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Inggris, dan pidato bahasa Arab.

Tema pidato adalah "Pemuda Masa Kini di Era Milenial". Lebih menariknya panitia acara ini dilaksanakan oleh kelas XI MA, tujuannya untuk mengajarkan mereka mengelola sesuatu dan belajar bagaimana meminpin sesuatu kepada yang lebih baik.

"Dikarenakan ini masih masa pandemi Covid 19 kami hanya melakukan kegiatan bersifat internal saja, mudahan - mudahan di tahun depan kami dapat mengadakan kembali untuk siswa dan siswi SD/MI se Kabupaten Inhu yaitu PILDACIL 2," ujar H.Aris Ulinuha Lc.

Kegiatan penyambutan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H ini digelar untuk memupuk dan menambah keimanan serta ketakwaan kita kepada Allah SWT. Selain itu, Public Speaking Contes  ( Lomba Pidato 3 Bahasa ini ) bertujuan dengan semangat menciptakan Da'i - Da'i muda yang handal dan dengan bahasa mampu menyebarkan kebaikan di seluruh dunia, tambahnya.

Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad saw dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah.

Penetapan ini adalah untuk mengenangkan betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam yang mana pertama kali dalam sejarah Islam seorang nabi dan rasul membentuk pemerintah dengan segala kesulitan dan berhasil membuat hubungan diplomatik dengan beberapa negara serta menyampaikan dakwah Islam secara global sehingga Islam tersebar merata di dunia.

Dalam tradisi Islam, tidak ada ajaran khusus dalam menyambut pergantian tahun selain memanjatkan doa kepada Allah dan berpuasa untuk mendapatkan ridho serta ampunan-Nya

Seperti hal nya, kegiatan Tahun Baru Islam dengan pawai obor terjadi banyak di berbagai daerah. Dengan mengenakan pakaian muslim berwarna putih, masyarakat berpawai memegang obor keliling untuk merayakan tahun baru hijriyah.

Diawal Tahun Baru Islam ini, semoga kita semua berharap agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi di tahun yang akan datang. Dan semoga wabah pandemi Covid-19 yang melanda negeri kita ini segera cepat berakhir, agar kita dapat beraktifitas kembali sebagaimana biasanya, Amin ya Robbal Allamin, tutup pimpinan PPM Syamsuddin mengakhiri sambutannya. 



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar