Tiga Ribu APD dari Pusat untuk Riau Sudah Tiba

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah paket APD sebanyak 60 koli yang tiba di Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (7/4/2020). Foto: Riaupos.co

Nusaperdana.com, Pekanbaru - Dengan menggunakan pesawat Hercules A-1317 milik TNI AU, Lanud  Roesmin Nurjadin menerima alat pelindung diri (APD) dari Kementerian Kesehatan RI untuk didistribusikan kepada Pemerintahan Provinsi Riau.

Bantuan itu diterima oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau di Apron Base Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (7/4/2020) kemarin.

Ada sebanyak 60 koli atau 3.000 pieces APD dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat (Kemenkes RI). Setibanya di Lanud Rsn, langsung diserahkan oleh Komandan Lanud (Danlanud) Rsn Marsma TNI Ronny Irianto Moningka ST MM yang diwakili Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Rsn Kolonel PNB Jajang Seriawan SM dan diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala UPT Instalansi Farmasi dan Logistik Kesehatan Provinsi Riau Drg Zulfa Devisra MKes.

Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengatakan, dalam pencegahan Covid-19 Lanud Roesmin Nurjadin siap mendukung program Pemerintah Pusat, Panglima TNI dan Kasau dalam rangka mendistribusikan alat kesehatan berupa APD maupun dalam bentuk lainya untuk membantu pemerintahan daerah dalam misi percepatan dan penanggulangan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 yang sangat membahayakan ini.

"Agar pendistribusian penyerahan tetap aman dan steril, maka  prosedur pencegahan Covid-19 tetap dilakukan yaitu l penyemprotan disinfektan kepada kru pesawat, tamu maupun barang APD, guna antisipasi penyebaran Covid-19," ujar Ronny.

Selanjutnya Kepala UPT Instalansi Farmasi dan Logistik Kesehatan Provinsi Riau drg Zulfa Dewisra mengatakan, APD ini akan didistribusikan kepada 47 rumah sakit yang menerima Covid-19 se Provinsi Riau, tentunya dengan skala prioritas berdasarkan jumlah PDP, karena setiap rumah sakit kondisinya tidak sama, seperti Kota Dumaijumlah Pasien Dalam Pemantauan (PDP) cukup tinggi tentunya pendistribusikan lebih banyak lagi.

"APD dari Kemenkes ini akan diserahkan kepada Gubernur Provinsi Riau kemudian dimasukan ke instalansi farmasi Provinsi, setelah itu baru dikirim ke PDP yang ada, tentunya harus dilaksanakan secara  proporsional," kata Zulfa.

Distribusi APD dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat juga diterima oleh, Babel (Pangkal Pinang) 3000 Pcs (100 koli), Sumbar 5000 Pcs (100 koli), Jambi 2000 pcs (40 koli), dan Sumatera Selatan 5000 pcs (100 koli).



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar