Viral, Wisata Dadakan Sumedang Ramai Dikunjungi Warga

Cihonje Water Park di Sumedang. Sumber Foto: Detik.com

Nusaperdana.com, Sumedang - Sebuah aliran sungai di Dusun Sembir, Desa Gunasari, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat, mendadak viral di media sosial. Ini penampakannya.

Objek wisata tersebut saat ini dinamakan menjadi Objek Wisata Air Cihonje atau warga setempat menyebutnya Cihonje Water Park, sebab aliran sungai yang jernih ini memang aliran Sungai Cihonje.

Meski terbilang dadakan, objek wisata ini sudah banyak menarik wisatawan dari luar desa yang ingin berwisata ke tempat tersebut karena ingin melihat secara langsung keindahan air Sungai Cihonje ini.

"Kalau awal-awal kebanyakan dari warga sekitar sini, cuma karena mungkin banyak di upload lewat Facebook, media sosial lainnya banyak yang dari luar desa penasaran ingin melihat ke sini," kata Burhanudin selaku ketua RW setempat pada detikcom, Minggu (14/6/2020).

Baca juga: Halo Warga Jabar! Ada 15 Destinasi yang Siap New Normal
Burhanuding menceritakan, awalnya Sungai Cihonje ini hanya dipakai mandi dan tempat mencuci pakaian oleh warga setempat. Tidak di sengaja, akhirnya Sungai Cihonje ini menjadi tempat wisata dadakan setelah di posting ke media sosial yang akhirnya menjadi viral.

"Wahana wisata ini awalnya warga di sini yang biasa cuci baju, mandi dan terkadang kalau airnya lagi kecil mereka itu kan main-main di air, berfoto lalu di upload ke Facebook, WA, alhmadulillah jadi menyebar," tutur Burhanudin.

Objek wisata dadakan di Sumedang

Untuk pengunjung yang ingin berwisata tersebut tidak dikenakan tiket masuk, hanya saja pengunjung dikenakan tiket untuk parkir kendaraan yang dikelola karang taruna.

"Untuk saat ini belum dipungut tiket masuk, jadi siapa saja yang masuk ke sini gratis," katanya.

Selain itu, di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), pihak desa setempat menerjunkan petugasnya untuk mengawasi setiap pengunjung yang datang agar tetap diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Salah seorang pengunjung, Yunit Lara (30) mengaku penasaran melihat air Sungai Cihonje, sebab saat ini aliran Sungai Cihonje sedang menjadi perbincangan banyak orang.

"Mau lihat yang viral. Sama keluarga baru pertama kali, soalnya saya orang pada suka asli," ucap Yunit.

Pengunjung lain bernama Nunung Nurhayati mengatakan, untuk wisata yang dinilai masih baru ini enak untuk dinikmati bersama keluarga. Hanya saja akses menuju Objek Wisata Air Cihonje ini perlu diperbaiki agar wisatawan yang datang semakin banyak.

"Bagus, seru, rame. Harapannya ya jalannya diperbaiki saja," kata Nunung.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar