Tokoh Masyarakat Rohul R Lubis Minta Tim Yustisi LH, Tangani Kasus Pencemaran Sungai Diduga Limbah PT ES

Tokoh Masyarakat Rohul R Lubis Minta Tim Yustisi LH, Tangani Kasus Pencemaran Sungai Diduga Limbah PT ES

Nusaperdana.com, Rohul - Peristiwa ditemukan banyak ikan mati di aliran Sungai Muara Kuku Desa Kepenuhan Barat Mulya, Kecamatan Kepenuhan dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat (9/9/2022).

Ditemukan banyak ikan mati di sungai pada Selasa 6 September 2022 lalu, diduga tercemari Limbah dari perusahaan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT Era Sawita.

Peristiwa ikan mati di sepanjang aliran Sungai tersebut, sudah sering terjadi,dan sudah empat kali kita Laporkan kasus hal yang sama ke DLH Rohul, bahkan saudara Rustandi Peternak Ikan yang memanfaatkan Sungai tersebut, turut menjadi korban, katan M Gofur.

Juga dari keterangan warga Azis kebetulan bekerja di Dekat aliran Sungai, sejak Siang Selasa sudah mencium aroma yang menyengat dari air sungai tersebut.

"Maka hari ini, kita buat laporan resmi ke Kantor DinasLingkungn Hidup,(DLH)," Sebut Muhammad Gofur.

Sedangkan, Kabid Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup, Muncar membenarkan terkait laporan tersebut.

“Kemarin Tim Kita sudah turun kelapangan yakni Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup Daerah (PPLHD), Maas, Kasi Pengaduan dan Sengketa Lingkungan Pengendalian Dampak Lingkungan (Pedal) Irwan Fahri, Kasi Kerusakan Lingkungan Hidup Feriadi dan Dua Anggota Labor, mengambil sampel Air,” kata Muncar.

Masih Muncar, menjelaskan, tahapan berikutnya atas peristiwa tersebut, akan dilakukan uji laboratorium terhadap sample yang diambil di Aliran Sungai Muara Kuku.

“Setelah itu, kita akan ekspos atas kejadian matinya ikan Sungai Muara, Apakah karena limbah atau karena kurangnya oksigen,” tuturnya lagi

Atas kejadian tersebut, Tokoh Masyarakat Rohul Ramlan Lubis, jengkel, kemudian meminta kepada Tim Yustisi Lingkungan Hidup, baik dari Kepolisian, Jaksa dan Hakim bergerak untuk menangani peristiwa kematian Ikan diduga, karena limbah di Aliran Sungai Muara Kuku dari PT Era Sawita.

“Karena peristiwa hal serupa di Sungai Muara Kuku Desa Kepenuhan Barat Mulya yang sudah dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup Empat kali,” paparnya.(GS)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar