Antisipasi Covid-19, Dinas PMD dan DMIJ PT Lakukan Rapid Test Pegawai dan Fasilitator


Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) lakukan Rapid Test atau Uji cepat Covid-19 kepada ASN, Honorer, Faskab DMIJ PT serta TA P3MD.

Plt Kelapa Dinas PMD Inhil, Budi N Pamungkas mengatakan bahwa langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh ASN dan honorer terbebas dari virus corona atau Covid-19.

"Dinas PMD menjadi target utama, karena berhubungan dengan mereka-mereka yang berada digaris terdepan dalam penanganan Covid-19, seperti Kepala Desa dan petugas kesehatan," Sebutnya.

Lanjutnya, Budi N Pamungkas menjelaskan bahwa rapid test dilakukan selama 2 hari karena pada hari pertama ada yang tidak hadir.

"Pada hari pertama rapid test dilakukan kepada 66 orang sementara hari kedua ada 8 orang, total 74 orang dengan rincian sebagai berikut ASN 25 orang,Tenaga Honorer 30 orang, Faskab DMIJ PT 15 Orang, TA P3MD 4 orang," jelasnya.

Tambahnya, Budi N Pamungkas menjelaskan bahwa dengan adanya rapid test ini bisa menimbulkan kesadaran kepada masyarakat tentang bahaya penularan covid-19 dan perlunya antisipasi terhadap penularan covid-19 tersebut.

"Jika mempunyai gejala-gejala seperti Demam, batuk, pilek, sesak napas dan Sakit tenggorokan segeralah periksakan diri ke Rumah sakit atau Puskesmas terdekat agar dilakukan penanganan dengan cepat," jelasnya.

Sementara, Kadis Kesehatan Inhil Zainal Arifin menjelaskan bahwa dari 66 orang yang dilakukan Rapid Test pada hari selasa (12/05/2020) ada 4 orang yang hasilnya Reaktif.

"Dari 66 orang yang di rapid test, ada 4 orang yang hasil Rapid test nya Reaktif dan 62 orang Non Reaktif. dan saat ini Ke-4 orang tersebut sedang di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan untuk dilakukan penanganan lebih lanjut," sebutnya kepada Riaulink.com, Rabu (13/05/2020).



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar