Bersama Rakyat TNI Kodim 0303 Bengkalis Goro Bersih Jalan di Desa Semunai

Pra TMMD Kodim 0303 Bengkalis di Desa Semunai

Nusaperdana.com,Pinggir - Bersama rakyat TNI dari Kodim 0303 Bengkalis laksanakan Gotong Royong (Goro) membersihkan jalan di Desa Semunai, Kecamatan Pinggir. Kamis (21/04). 

Jalan yang di bersihkan saat ini adalah karena kondisinya berlumpur dan berlubang yang sering dilalui atau akses anak-anak Desa Semunai menuju Sekolah.

Goro hari ini adalah awal Pra TMMD Kodim 0303 Bengkalis yang dipusatkan di Desa Muara Basung dan Desa Semunai, Kecamatan Pinggir yang di rencanakan akan berlangsung selama 15 hari kedepan. 

Dandim 0303 Letkol Inf Endik YH melalui  Kapten Isnanu dan didampingi Kapend Peltu Syofwan Nasution menjelaskan, kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dilaksanakan di 50 Kodim se Indonesia, untuk Wilayah KOREM Wira Bima Pekanbaru ada 2 wilayah Kodim.

Mengawali Pra TMMD telah melakukan gotong royong perbaikan jalan pelajar, dan direncanakan akan dilakukan semenisasi. Jalan ini merupakan akses yang sangat dibutuhkan warga, dimana bila hujan turun, jalan ini akan sukar dilalui.

"Parit di kedua sisi jalan tidak berfungsi, sehingga saat hujan datang air menggenangi badan jalan, hal ini sangat menyulitkan para pelajar yang setiap hari melintasi jalan tersebut,"ucap Kapten Isnanu mendengar keluhan yang disampaikan warga saat giat gotong royong berlangsung.

Akses jalan itu menjadi penghubung antara dua desa, kemudian merupakan akses utama ke fasilitas sekolah anak-anak setempat.

"Agenda Pra TMMD ini dilaksanakan menjelang dibukanya TMMD secara resmi pada 11 Mei hingga 9 Juni 2022. Kegiatan Pra TMMD, merupakan persiapan untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan inti TMMD, agar selesai cepat waktu," ujarnya. 

Kegiatan Pra dilaksanakan selama 15 hari, yang menyiapkan segala sesuatu menjelang acara inti tersebut. Seperti menyiapkan posko, tempat, logistik hingga gotong royong membenahi yang perlu.Untuk TMMD tahun ini digelar di Desa Muara Basung dan Desa Semunai, Kecamatan Pinggir.

"TMMD ini adalah salah satu kegiatan TNI dalam rangka kemanunggalan dengan rakyat, setiap 2 tahun sekali. Ini dulu namanya ABRI masuk desa. Tahun ini Kodim 0303 Bengkalis dipercaya menjadi bagian dari penyelenggaraan TMMD ke 113 di wilayah Korem Wira Bima," jelasnya.**

 



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar