Buka Sosialisasi Peran PKK Dalam Penurunan Stunting, Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Kampar Tekankan Untuk Berperan Aktif Dalam Upaya Penurunan Angka Stunting.


Nusaperdana.com, Bangkinang Kota, Bertempat di Aula Balai Bupati Kampar Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Kampar Ny. drg. Yusi Prastiningsih Firdaus, MM, buka secara resmi Sosialisasi Peran PKK Dalam Penurunan Stunting di Kabupaten Kampar yang ditaja oleh Pokja IV PKK Kabupaten Kampar, Selasa (6/6).

Tampak hadir pada pembukaan acara ini Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Kampar Drs. H.Edi Afrizal, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar yang diwakilkan kepada Kepala Bidang Kesmas Poppy Rahmadhini, SKm, M.Kes, Pengurus PKK Kabupaten Kampar, Ketua PKK Kecamatan se Kabupaten Kampar, Koordinator KB Kecamatan se Kabupaten Kampar, Bidan Koordinator Puskesmas dan Koordinator Gizi Puskesmas se Kabupaten Kampar. Sosialisasi ini selain mendatangkan Narasumber dari Kabupaten juga mendatangkan Narasumber dari Provinsi.

Memberikan pengarahannya Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Kampar tekankan kepada seluruh Kader PKK yang ada diseluruh Kecamatan di Kabupaten Kampar untuk ikut bekerjasama secara aktif dalam menekan angka Stunting di Kabupaten Kampar.

" Stunting merupakan permasalahan besar bagi bangsa Indonesia, dan merupakan Program Prioritas Nasional, karena menyangkut masa depan anak-anak penerus bangsa" demikian dikatakan Pj. Ketua TP. PKK mengawali arahannya.

Dikatakan juga oleh beliau "Stunting disebabkan antara lain karena kurangnya asupan gizi kronis, ekonomi, dan sanitasi yang buruk sehingga bukan saja menghambat pertumbuhan badan juga menghambat pertumbuhan otak, Kabupaten Kampar memang telah mengalami penurunan angka Stunting dari 27% turun ke angka 14,5%, namun belum mencapai target nasional yaitu di bawah angka 14%. Kita harus optimis dan yakin angka tersebut mampu untuk kita capai. Namun usaha ini bukan semata karena mengejar target, tetapi lebih kepada memikirkan masa depan balita bangsa Indonesia sebagai generasi penerus bangsa.

Kolaborasi, Koordinasi, Kerjasama dan sinergitas dari Desa sampai Kabupaten adalah salah satu cara utama dalam menekan angka Stunting"

Kepada seluruh peserta Sosialisasi Peran PKK Dalam Penurunan Stunting di Kabupaten Kampar ini, Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Kampar pesankan agar mengikuti dan mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan oleh para narasumber tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam upaya berperan serta dalam penurunan Stunting ini dan harus bisa menerapkan sekembalinya dari sosialisasi ini. 

Dikutip dari laporan ketua panitia Sosialisasi ini, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan peran serta pengurus dan anggota PKK se Kabupaten Kampar dalam upaya intervensi pencegahan dan penurinan Stunting. Sosialisasi ini diikuti oleh 82 orang yang berasal dari PKK Kecamatan, Bidan dari 31 Puskesmas yang tersebar di Kecamatan se Kabupaten Kampar, Para Koordinator KB dan para ahli gizi yang ada di Kabupaten Kampar.

Acara Pembukaan Sosialisasi Peran PKK dalam menurunkan Stunting di buka secara resmi ditandai dengan sesi foto bersama Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Kampar dengan seluruh peserta. 



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar