Advertorial

Festival Sampan Selodang, Cerminan Kearifan Lokal Masyarakat Gaung

Festival Sampan Selodang, Cerminan Kearifan Lokal Masyarakat Gaung

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Sebagai darah pesisir, di Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir memiliki agenda rutin setiap tahunnya menggelar festival Sampan Selodang.

Festival Sampan Selodang, merupakan lomba dayung sampan beregu, dimana dalam satu sampan di isi 6 orang pendayung.

Festival Sampan Selodang, merupakan salah satu iven wisata yang masuk dalam kalender pariwisata Kabupaten Indragiri Hilir, yang di kelola Disparporabud Inhil.

Dijelaskan Bupati Indragiri Hilir HM Wardan menceritakan ide awal dilaksanakannya festival ini. Kegiatan yang tahun ini memasuki tahun ke-9 pelaksanaan, mulanya diselenggarakan sebagai cerminan dari kearifan lokal yang mengangkat nilai-nilai budaya di Kabupaten Inhil.

"Masyarakat Inhil menggantungkan kehidupan dengan potensi alam, salah satunya pengunaan sampan sebagai sarana transportasi sehari - hari, sedangkan nama selodang diambil dari bagian pohon kelapa yang bentuknya mirip miniatur sampan," lanjut wardan.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, agar semua pihak turut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini, kedepan iven ini bisa menjadi ikon wisata tingkat propinsi bahkan tingkat nasional.

"jadi tolong setiap tahun, ada perubahan perubahan, kita minta pesertanya dari instansi pemerintah, swasta, kecamatan serta dari desa, bila perlu acaranya berlangsung sampai beberapa hari, biar nampak lebih meriah, tandas wardan.(Advertorial/Disparporabud Inhil)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar