Gebyar DMIJ Kecamatan Keritang, Bupati Inhil: BUMDes Harus Mampu Gali Potensi Desa


Nusaperdana.com, Keritang - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H. Muhammad Wardan meresmikan kegiatan Program DMIJ Plus Terintegrasi dan P3MD Kecamatan Keritang tahun anggaran 2019, Kamis (13/02/2020) di desa Nyiur Permai kecamatan Keritang.
 
Sebelum menyampaikan arahan, orang nomor 1 Inhil ini juga berkesempatan untuk menguji hapalan quran anak didik rumah tahfidz quran desa Nyiur Permai dan desa Seberang Pebenaan, yaitu Anisa hafidzah Juz 30 utusan rumah tahfidz Nurul Ihkwan desa  nyiur Permai, Jamatil Asrisa hafidzah juz 1 utusan rumah tahfidz quran Nurul Ikhwan desa Nyiur Permai, Nurfaidah hafidzah Juz 1 utusan dari rumah tahfid An-Nur desa Seberang Pebenaan, Wihdatul Ummah hafidzah Juz 1 utusan dari rumah tahfid An-Nur desa Seberang Pebenaan. Tampak wajah kagum dan haru bupati saat para hafidzah melantunkan ayat suci Alquran.
 
Pada arahan, bupati menyampaikan kegiatan yang telah dirancang didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2018-2023.

"Tercantum didalam misi bupati dan wakil bupati yaitu pembangunan sumber daya manusia yang lebih mengarah kepada pembangunan yang sifatnya religi, kalau dulu ada magrib mengaji dan ini harus terus dilanjutkan.Dan pada periode sekarang,dalam pelaksanaan pembangunan disamping kita memfokuskan masalah-masalah infrastruktur  kita juga fokus kepada meningkatkan perekonomian masyarakat, Maka dari itu instruksi bupati pada tahun 2019, seluruh desa yang ada dikabupaten Indragiri Hilir harus membentuk Badan usaha milik desa atau Bumdes, kemudian dari bumdes ini kita harapkan mampu menggali potensi-potensi yang ada didesa, apapun potensi yang ada didesa itu harus dikembangkan. Kalau potensi didesa itu perkebunan kita kembangkan perkebunannya, kebun kelapa, kelapa sawit, pinang ataupun nenas dan sebagainya, ini yang saya harapkan melalui keberadaan bumdes tentu dapat mengolah dan menjadi unit-unit usaha yang ada didesa," tuturnya.

"Kemudian juga pada bidang pengembangan generasi muda, alhumdulillah kita sudah mencanangkan kegiatan 1 desa 1 kelurahan 1 rumah tahfidz, dimana kita mempersiapkan generasi muda kedepan ialah generasi qurani dan program ini merupakan program unggulan dan prioritas kabupaten Indragiri Hilir." ujar bupati.
 
Kemudian pada kesempatan itu juga Bupati Inhil H. Muhammad Wardan meresmikan rumah tahfidz quran di desa se kecamatan Keritang secara simbolis. Harapan kita bersama dengan diresmikannya rumah tahfidz di desa sekecamatan keritang ini mampu melahirkan hafidz dan hafidzah yang benar-benar mampu memahami Al-quran sehingga dapat mewujudkan Indragiri Hilir yang semakin maju, bermarwah dan bermartabat.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar