Gelar Seleksi Tes Tertulis Calon PPK, Nurkholis: Peserta yang Terpilih Harus Memiliki Integritas Tinggi

Tampak peserta melaksanakan seleksi tes tertulis calon PPK Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Nusaperdana.com, Muarasabak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Timur menggelar seleksi tertulis calon anggota Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang berasal dari Kecamatan Sadu dan Kecamatan Berbak.

Kegiatan dilaksanakan di gedung PKK Kabupaten Tanjung Jabung Timur, diikuti oleh 24 peserta yang lulus adminitrasi namun hanya 22 peserta yang mengikuti tes tertulis dikarenakan ada 2 peserta yang tidak hadir. Lalu hasil dari seleksi tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 6 sampai tanggal 8 Februari. Hal ini dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Nurkholis ketika di wawancara oleh awak media. Minggu, (2/2/2020).

"Pada seleksi tes tertulis saat ini, peserta mengisi 100 soal dalam waktu 90 menit. Soal berisi mengenai pengetahuan umum, seperti tentang regulasi mengenai Pemilu," katanya.

Ia melanjutkan, seleksi PPK ini berdasarkan Peraturan KPU nomor 13 tahun 2017 tentang Tata Kerja dan Juknis pembentukan PPK. Selanjutnya, setelah peserta lulus dari seleksi tes tertulis, kemudian akan dilakukan lagi seleksi wawancara.

Lalu Nurkholis juga mengatakan, untuk memastikan pemilihan serentak dengan mengusung semangat pemilihan bersih di tahun 2020, KPU Tanjung Jabung Timur membutuhkan penyelenggara Pemilu yang berintegrias. 

"Nanti di wawancara kita akan memperdalam integritas peserta PPK. Karena tidak cukup hanya kemampuan literasi saja atau kemampuan memahami regulasi," terangnya.

 "Setelah melakukan dua seleksi tersebut, maka terpilihlah 5 orang PPK yang terbaik untuk menjadi penyelenggara pemilu ditingkat Kecamatan," tambahnya.
 
Kemudiaan Ia menambahkan, PPK yang terpilih adalah benar-benar yang mampu menjalankan tugas, kewajiban dan wewenangnya serta memiliki integritas tinggi.

"Kita berharap kepada penyelenggaraan pemilihan serentak 2020, khususnya anggota PPK yang terpilih, dengan semangat pemilihan yang bersih, nantinya terpilih pemimpin yang amanah, dan bisa membawa Tanjung Jabung Timur menjadi Kabupaten baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur," pungkasnya. (yogo)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar