Gesa Rasio Elektrifikasi Inhil 100 Persen, PLN Bangun Dua Titik Jaringan Bawah Sungai Tahun ini

Gesa Rasio Elektrifikasi Inhil 100 Persen, PLN Bangun Dua Titik Jaringan Bawah Sungai Tahun ini

Nusaperdana.com, Tembilahan - PT PLN Persero akan membangun jaringan listrik bawah sungai sebanyak dua titik di wilayah utara Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tahun 2022 ini.

Proyek tersebut disebut untuk menggesa rasio elektrifikasi (RE) mencapai 100 persen di Kabupaten yang dikenal sebagai hamparan kelapa dunia dengan sebagainya besar wilayahnya daerah berawa.

Dua titik jaringan listrik bawah sungai yang akan dibangun untuk mengkoneksikan beberapa daerah di wilayah Inhil utara itu yaitu di Teluk Lanjut ke Rotan Semelur dan Teluk Belengkong ke Saka Rotan.

"Kontraknya sudah siap, tinggal pengerjaannya saja lagi dan insyallah tahun ini akan selesai," ujar Menejer PLN ULP Tembilahan, Jaswir yang didampingi Humas PLN UP3 Rengat, Fauzar, Selasa (12/04/2022).

Hanya saja, dikatakan Jaswir ada sedikit kendala pihaknya harus mendapat izin dari kementrian perhubungan untuk membangun jaringan dibawah sungai.

"Sedikit kendalanya izinnya harus dari pusat (Kementrian) wewenangnya bukan disini, tapi tadi kita sudah koordinasikan juga dengan pihak syahbandar setempat," jelas Jaswir.

Lebih lanjut, mantan menejer PLN ULP Balai Karimun itu menjelaskan jaringan bawah sungai dipilih ketimbang membangun tower dikarenakan kontur tanah yang tidak mendukung di daerah rawa-rawa.

"Kenapa kita tidak pilih bangun tower karena kontur tanahnya, daerah rawa-rawa, kurang efesien dan kuat," pungkasnya.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar