H Dani M Nursalam Paparkan Peluang Pembangunan Kawasan Perdesaan di Desa Sencalang


Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Anggota DPRD Provinsi Riau, H Dani M Nursalam memaparkan peluang pembangunan bagi kawasan perdesaan oleh Pemerintah Provinsi Riau dalam kegiatan reses di Desa Sencalang, Kecamatan Keritang, Rabu (23/12/2020) pagi.

Menurut H Dani, di bidang infrastruktur, seperti jalan dan jembatan terdapat beberapa pembangunan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Riau. 

Dia meyakinkan masyarakat, bahwa tahun depan, akan ada sejumlah kegiatan peningkatan jalan provinsi di Kabupaten Inhil.

"Alhamdulillah, tahun depan akan ada peningkatan jalan di Inhil. Walaupun tahun ini ada banyak kebijakan dibatalkan karena Covid," tutur Ketua DPRD Kabupaten Inhil periode 2014-2019 itu.

Saat ini, diungkapkan H Dani, pembangunan jalan yang menjadi kewenangan Kabupaten oleh Pemerintah Provinsi Riau, biasanya dapat dilakukan melalui Bantuan Keuangan Infrastruktur. Namun, instrumen tersebut sudah tidak lagi ada sejak 3 tahun lalu.

"Yang ada sekarang Bantuan Keuangan Desa. Untuk Bantuan Keuangan Infrastruktur itu tidak lagi ada, sudah 3 tahun. Mudah-mudahan tahun depan Pemerintah Provinsi Riau dapat kembali menganggarkan Bantuan Keuangan Infrastruktur ini," jelas H Dani.

Sementara itu, H Dani mengungkapkan, pada bidang pertanian, Pemerintah Provinsi Riau juga mengadakan bantuan sapi bagi masyarakat peternak. Bantuan ini disalurkan melalui kelompok usaha bersama di desa-desa.

Selanjutnya, H Dani juga menyampaikan, bahwa tahun depan akan dilaksanakan pembangunan jalan tol. Saat ini, pintu tol tersebut direncanakan berada di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu. Namun, Bupati Indragiri Hilir telah mengajukan usulan kepada Pemerintah Pusat agar pintu tol dapat dibangun di wilayah Kabupaten Inhil.

"Sebentar lagi, tahun depan sudah dimulai pembangunan jalan tol, tepatnya masuk wilayah Inhu. Bupati Inhil sedang mengupayakan pintu tol di Kecamatan Kemuning. Tugas Saya mengawal usulan ini di pusat," kata H Dani.

H Dani mengungkapkan, pembangunan pintu tol yang melintasi wilayah Kabupaten Inhil, akan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, paling tidak akan memberikan akses menuju daerah lainnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Sencalang, Muhammad Ramli Duke berharap, kedatangan H Dani M Nursalam selaku Anggota DPRD Provinsi Riau dapat menampung aspirasi masyarakat dalam rangka pembangunan Desa Sencalang.

"Mudah-mudahan kedatangan Bapak di sini, dapat menyerap hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat desa Sencalang secara luas. Tanpa bantuan bapak, kemana lagi kami akan mengadu," tutur Ramli.

Pada kegiatan reses kali ini, masyarakat Desa Sencalang, Kecamatan Keritang mengusulkan pembangunan gedung SMA sebagai salah satu prioritas. Di samping itu, guna meningkatkan perekonomian masyarakat, diusulkan pula bantuan berupa sapi bagi kelompok tani Desa Sencalang.

Reses Anggota DPRD Provinsi Riau, H Dani M Nursalam berlangsung lancar. Warga terlihat antusias mengikuti jalannya kegiatan reses. Warga pun tampak mematuhi protokol kesehatan Covid-19.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar