Jadi Daya Tarik Pariwista, Festival Aruh Ganal di Inhil Tampilkan Berbagai Kesenian Banjar

Jadi Daya Tarik Pariwista, Festival Aruh Ganal di Inhil Tampilkan Berbagai Kesenian Banjar

Nusaperdana.com, Tembilahan - Kabupaten Indragiri Hilir merupakan daerah di Riau dengan berbagai suku, baik Melayu, Banjar, Bugis, Minang dan berbagai suku lainnya. Dengan kekayaan suku dan budaya tersebut menambah daya tarik tersendiri, terutama dalam perhelatan seni dan budaya.

Seperti halnya Festival Aruh Ganal yang diadakan suku Banjar di kabupaten Indragiri Hilir, Jum'at (17/11/2023) malam.

Menjadi kebahagiaan bagi seluruh warga banjar dan masyarakat Inhil dengan digelarnya Festival Budaya Aroh Ganal ini karena dapat bersama-sama Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) KBB yang akrab disapa Paman Birin yang turut juga dihadiri Ketum PW KBB Riau Dato' Natawarga Laksana H.Syamsuddin Uti, Bupati Inhil HM.Wardan, Ketum PW IWABBRI Provinsi Riau, PD KBB 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Tokoh Masyaraka Banjar dan seluruh Masyarakat Banjar yang ada di Kota Tembilahan.

Di dalam acara malam Festival Budaya Banjar aruh ganal ini, ucap Bupati H. Muhammad Wardan mengawali sambutannya.

"Semoga kegiatan aruh ganal ini menjadi ajang silaturahmi warga banjar, baik yang datang dari luar Inhil, maupun yang ada didalam Kabupaten Inhil," jelas Bupati

Lebih lanjut dikatakan Bupati, selain menjadi ajang silaturahmi, juga diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat Inhil. Selain pertukaran budaya, kedepan juga tentunya diharapkan adanya kerjasama investasi antara Inhil dengan Kalsel.

"Untuk itu, ulun mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana beserta PD KBB Kabupaten Inhil yang telah menyiapkan kegiatan aruh ganal ini dengan baik.

Sementara itu, Ketum PW KBB Riau, H.Syamsuddin Uti mengucapkan selamat datang seluruh Masyarakat Banjar yang ada di Provinsi Riau maupun yang datang dari luar Riau. Khususnya kepada Ketum Pusat KBB yang juga Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk ke 2 kalinya di Kabupaten Indragiri Hilir-Riau. Semoga dengan kehadiran beliau memberikan semangat bagi KBB di Riau.

Dalam acara ini juga diserahkan penghargaan kepada beberapa tutuha banjar Inhil yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum PP KBB diantaranya, kepada Bupati Inhil H. Muhammad Wardan Kategori penerima penghargaan sebagai pembina keturunan Banjar di Inhil, selanjutnya kepada Datuk Natawarga Laksana Wabup Syamsuddin Uti kategori Penerima penghargaan pemersatu Banjar se Riau.

Pada malam Festival Budaya Banjar ini juga ditampilkan beberapa kesenian khas Banjar, salah satunya Kontau dan pertukaran Cendramata dari Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir-Riau kepada Gubernur juga dihibur oleh Artis ibu Kota Tomy Kaganangan.(Advertorial)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar