Kecamatan Makale Selatan Canangkan Pola Tanam Semusim di Kelurahan Pasang


Nusaperdana.com, Tana Toraja - Pencanangan program  pola tanam semusim tak henti hentinya di laksanakan, Kecamatan Makale Selatan kini berlangsung di Lingkungan Angin-Angin, Kelurahan Pasang, Kamis (5/3/2020).

Camat Makale Selatan Marten Barapandang di temani Lurah Pasang Victor Girik Allo dan Penyuluh Pertanian Teofilus Runggun  di hadapan puluhan petani berhasil mencangkan program pola tanam semusim yang merupakan salah satu program inovasi Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Tana Toraja.

Dalam sambutannya Marten Barapadang mengatakan tujuan dari pola tanam semusim adalah untuk menghindari hama pada tanaman dengan melaksankan pola tanam semusim diharapkan dapat menyeragamkan pertanaman (tanam serempak) sehingga serangan hama penyakit dapat diminimalisir dan produksi akan bertambah serta tercipta program Bupati Tana Toraja. "Jangan biarkan rakyatku Lapar," terangnya.

Mengingat keluhan masyarakat selama ini yakni kekurangan air Camat Makale Selatan inisiatif melaksanakan pencanangan  program pola tanam semusim di kelurahan pasang secara maraton 
adapun kegiatan yang dilaksanakan yakni ibadah singkat, proses pencanangan,dan makan bersama dengan gaya tradisional.

Di kesempatan yang sama  penyuluh pertanian Makale Selatan Teofilus Runggun berharap masyarakat kelurahan pasang mengikuti pola tanam sesuai teknologi pola tanam legoeo.

"Pola tanam semusim diharapkan di ikuti dengan paket teknologi misalnya dengan menanam secara jajar legoeo 2:1 yang sudah melalui kajian sehinggah dapat meningkatkan populasi tanaman 30%, Sehingga produksi dapat meningkat," harap Theofilus. (Caverius Adi)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar