Kendalikan Inflasi Daerah, Pj Sekda Kampar Akan Lakukan Operasi Pasar di Setiap Kecamatan


Nusaperdana.com, Bangkinang Kota, Pj Bupati Kampar diwakili Pj Sekda Kabupaten Kampar Drs. H. Yusri, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) percepatan Pengendalian Inflasi Daerah secara zoom meeting yang di pimpin oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Inspektur Jenderal  (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir yang dilaksanakan di lantai II Kantor Bupati Kampar. Senin,19/2/24

Dalam rapat ini dihadiri oleh Dandim 0313/KPR diwakili Kasdim 0313/KPR Mayor Inf Hendri Donan, Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Gina Olivia Kejaksaan Negeri Kampar, Asisiten II Setda Kampar Suhermi, ST.   Kadis Perdagangan, Koperasi dan UMK Kbupaten Kampar Drs. Dendi Zulhaeri, M.Si, Plt Kabag Ekonomi Purwoko dan undangan lainnya.

Tomsi Tohir menyampaikan bahwa, sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga, perlu penanganan serius dari pihak terkait. Komoditas ini di antaranya cabai merah, gula pasir, cabai rawit, bawang merah, beras, dan telur ayam.

Tomsi Tohir juga mengungkapkan sejumlah daerah baik itu Provinsi maupun Kabupaten/Kota memiliki Indeks Perkembangan Harga (IPH) tinggi. IPH ini merupakan bagian dari penyebab tingginya inflasi.

Selanjutnya, Tomsi Tohir sampaikan kepada daerah yang termasuk dalam IPH-nya tertinggi agar betul-betul diperhatikan. 

Sementara itu Pj Sekda Kampar mengatakan saat usai rakor bahwa Kabupaten Kampar akan terus mengikuti rakor perkembangan percepatan pengendalian inflasi daerah setiap minggunya, khusus untuk Kabupaten Kampar akan melakukan intervensi dan langkah upaya dalam percepatan pengendalian inflasi daerah.

Pj Sekda juga menyampaikan, agar harga barang di Kabupaten Kampar tidak melonjak seperti cabe, bawang merah, bawang putih dan telur ayam, ini biasanya komoditas barang yang harganya terus naik.

“Untuk mengatasi hal tersebut Pemda Kampar akan melakukan upaya percepatan pengendalian inflasi daerah yakni melakukan operasi pasar di setiap kecamatan di Kabupaten Kampar, Operasi pasar ini akan rutin kita lakukan di setiap kecamatan bersama instansi terkait dan instansi vertikal, dengan demikian inflasi dapat kita kendalikan di Kabupaten Kampar ini, operasi pasar ini juga kita lakukan dalam rangka menghadapi bulan puasa dan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, karena dalam fase ini biasanya harga barang baik." Ucap Yusri.

Ditambahkan Yusri, dengan langkah yang ini, harga barang bisa terkendali dan masyarakat bisa merasakan harga barang yang tidak terlalu melonjak dan ini akan terus kita lakukan agar harga barang terus terkendali dan stabil.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar